Minggu, 02 Oktober 2022
06 Rabi'ul Awwal 1444

Dua Atlet Indonesia Berebut Gelar Juara Dunia Panjat Tebing

Kamis, 22 Sep 2022 - 20:25 WIB
Penulis : Ivan Setyadhi
Dua Atlet Indonesia Berebut Gelar Juara Dunia Panjat Tebing
Atlet Panjang Tebing Indonesia

Pemanjat Indonesia Kiromal Katibin dan Veddriq Leonardo makin dekat menuju gelar juara umum kategori speed putra Piala Dunia Panjat Tebing 2022 saat tampil dalam kejuaraan Seri Jakarta di Lot 16-17 SCBD, 24-26 September.

Katibin, yang menjadi juara Seri Salt Lake City, merupakan pemegang rekor dunia saat ini dengan catatan waktu 5,009 detik yang dibukukan pada babak kualifikasi Piala Dunia Seri Prancis di Chamonix, Juli lalu.

Sementara Veddriq sedang mengincar hattrick podium utama di Jakarta nanti untuk melengkapi kemenangan sebelumnya yang didapat di Seoul, Korea Selatan, dan Salt Lake City, Amerika Serikat awal tahun ini.

Baik Katibin maupun Veddriq berpeluang memenangi gelar juara umum kategori speed Piala Dunia musim 2022 di Jakarta, yang bakal menjadi seri penutup rangkaian Piala Dunia Panjat Tebing 2022 untuk kategori speed.

Baca juga
Ralat STY, PSSI: 7 Pemain Timnas Positif COVID-19, Bukan 8

Berdasarkan catatan Federasi Panjat Tebing Internasional (IFSC), kedua atlet Indonesia itu menduduki posisi pertama dan kedua klasemen sementara Piala Dunia 2022 nomor speed.

Veddriq, yang menjadi juara umum speed putra edisi tahun lalu, berada di puncak klasemen sementara dengan koleksi 3910 poin, diikuti Katibin di posisi kedua dengan 3275 poin.

Apabila Veddriq atau Katibin bisa menjadi yang tercepat dalam kejuaraan di Jakarta nanti maka salah satu di antara mereka akan mendapat tambahan 1000 poin dan memastikan gelar juara umum Piala Dunia 2022 speed putra.

Peluang Veddriq dan Katibin untuk menjadi juara umum hanya bisa dijegal apabila wakil Spanyol Erik Noya Cardona menjadi juara di Seri Jakarta nanti.

Baca juga
Fajar/Rian Pastikan Indonesia Melaju ke Final Piala Thomas

Kedua pemanjat tersebut kompak sama-sama mengungkapkan ambisinya untuk kembali memecahkan rekor dunia saat beraksi di SCBD nanti.”Targetnya pertama untuk bisa memecahkan rekor lagi di angka 4 detik,” kata Katibin.

“Kalau saya pribadi ingin mengamankan peringkat satu dunia untuk speed putra dan memecahkan rekor karena dulu saya pernah memecahkan rekor di tahun 2021 seri pertamanya di waktu 5,20 detik dan saya optimis insyaallah bisa di Tanah Air ini,” balas Veddriq.

Dari 13 seri Piala Dunia Panjat Tebing 2022, hanya tujuh yang mempertandingkan kategori speed, yakni Seoul, dua seri di Salt Lake City, Villars, Chamonix, Edinburgh, dan seri penutup di Jakarta.

Baca juga
Varian Omicron Masuk Indonesia Jadi Trending Topik

Dari tujuh seri tersebut, Indonesia merebut tiga podium teratas di Seoul melalui Veddriq, serta dua gelar di Salt Lake City yang secara bergantian diraih oleh Kiromal dan Veddriq.

Babak kualifikasi nomor speed di Jakarta akan berlangsung pada Sabtu (24/9/2022) mulai pukul 14.00 WIB, dilanjutkan dengan babak final pada 19.30 WIB.

Tinggalkan Komentar