Minggu, 03 Juli 2022
04 Dzul Hijjah 1443

Dua Cabor Penyumbang Medali Terbanyak SEA Games

Selasa, 24 Mei 2022 - 13:59 WIB
Dua Cabor Penyumbang Medali Terbanyak SEA Games
Dayung Jadi Penyumbang Medali Terbanyak SEA Games

Cabang olahraga (cabor) dayung menjadi penyumbang medali emas terbanyak kontingen Indonesia di SEA Games 2021 Vietnam.

Dayung yang terdiri dari katagori rowing dan canoeing berhasil mempersembahkan delapan emas pada katagori rowing dan enam emas katagori canoeing.

Sementara medali perak yang berhasil dikumpulkan sebanyak 13 medali, serta medali perunggu yang berhasil didaulat berjumlah 3 medali.

Menembak di urutan kedua penyumbang medali terbanyak dengan enam keping emas dan panahan rangking ketiga dengan lima emas.

Ketua National Olympic Committee (NOC) Raja Sapta Oktohari, dalam sambutannya saat menyambut pahlawan olahraga nasional setelah bertolak dari Vietnam, Senin (23/5/2022) menyebut cabang olahraga dayung menjadi satu diantara penghasil emas terbesar.

Baca juga
Juarai Australia Open, Nadal Sah jadi Pemilik Grand Slam Terbanyak

“Khusus untuk tim dayung, kita ucapkan apresiasi, karena dayung ini menjadi satu penghasil emas terbesar untuk Indonesia pada Sea Games Vietnam,” ujar Okto sumringah.

Indonesia menempati peringkat 3 klasemen akhir SEA Games 2021 Vietnam dengan rincian 69 emas, 92 perak dan 80 perunggu. Total atlet Indonesia berhasil mengumpulkan 241 medali.

Meski tak juara, peringkat ketiga jadi prestasi tersendiri kontingen Indonesia ditengah keterbatasan dan jumlah atlet yang diberangkatkan hampir separuh lebih sedikit dari SEA Games sebelumnya di Filipina.

Menpora Zainuddin Amali bahkan akan memperjuangkan bonus tambahan untuk para atlet yang telah berjuang di tengah keterbatasan untuk menorehkan prestasi tertinggi olahraga multi event se-Asia Tenggara tersebut.

Tinggalkan Komentar