Jumat, 01 Juli 2022
02 Dzul Hijjah 1443

Dubes Sebut UAS Tidak Dapat Izin Masuk Singapura

Selasa, 17 Mei 2022 - 11:58 WIB
0517 102257 E8f2 Inilah.com  - inilah.com
Tangkapan layar Instagram. Foto: @ustadzabdulsomad_official

Duta Besar (Dubes) RI untuk Singapura, Suryapratomo membantah Ustaz Abdul Somad (UAS) beserta rombongan dideportasi dari Singapura. Ia menyebut, UAS hanya tidak mendapatkan izin untuk masuk ke wilayah Singapura.

“Beliau tidak dideportasi tetapi tidak mendapatkan izin untuk masuk Singapura. Jadi diminta kembali ke Indonesia,” kata Suryapratomo kepada Inilah.com, Selasa (17/5/2022).

Terkait alasan, dia menjelaskan, pihaknya tidak bisa mengungkapkan dan melempar pertanyaan ke Kedutaan Besar (Kedubes) Singapura di Jakarta.

“Kalau alasannya yang tepat mungkin tanyakan kepada Kedubes Singapura di Jakarta. Karena mereka yang lebih berhak menjelaskan alasannnya,” imbuh Suryopratomo.

Sebelumnya, UAS melalui akun Instagram @ustadzabdulsomad_official mengunggah foto tengah berada di dalam ruangan. Ia menulis berada di ruang 1×2 meter seperti penjara di imigrasi.

Baca juga
Beredar Daftar Penceramah Radikal, Ustaz Felix dan UAS Masuk List

“Sebelum deportasi dari Singapore,” kata UAS lewat akun Instagram.

Dalam foto tersebut, UAS tampak mengenakan masker dan topi.

Selanjutnya, UAS mempertanyakan alasannya mengalami deportasi dari Singapura. Penceramah ini heran karena belum mengetahui alasan deportasi tersebut.

“Apakah karena teroris, apakah karena ISIS, apakah karena bawa narkoba? itu musti ada penjelasan,” kata UAS
melalui YouTube Hai Guys Official, Selasa (17/5/22).

UAS menjelaskan, ia membawa surat-surat lengkap terkait kunjungannya ke Singapura pada Senin (16/5/2022). Ia berkunjung Singapura dalam rangka liburan.

“Saya bawa ustazah (istri) dan Sami anak saya. Sahabat saya bawa istrinya, anaknya yang semester lima dan anak kecil umur 4 tahun. Kebetulan sahabat saya ini rumahnya dekat Singapura,” terang UAS. [yud]

Tinggalkan Komentar