Selasa, 28 Juni 2022
28 Dzul Qa'dah 1443

Duet Hadi-Raja Juli Ditargetkan Beresi Konflik Agraria hingga Lahan IKN

Rabu, 15 Jun 2022 - 17:54 WIB
Penulis : Aria Triyudha
0302 055541 A18c Inilah.com  - inilah.com
Potret salah satu kawasan di IKN, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Foto: Antara

Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) kini dipimpin Menteri Hadi Tjahjanto dan Wakil Menteri Raja Juli Antoni. Duet Hadi dan Raja Juli ditargetkan untuk memberesi konflik Agraria, sertifikasi tanah hingga lahan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

“Jadi singkatnya pak Menteri Hadi diminta Pak Presiden untuk membantu beliau. Saya diminta oleh Presiden untuk membantu pak Menteri. Jadi Pak Hadi adalah komandan kita dan saya bagian dari prajurit di ATR/BPN. Nanti bersama dengan teman-teman akan bekerja keras mewujudkan visi-misi Pak Joko Widodo (Jokowi) terutama tentang reforma agraria,” kata Raja Juli di Jakarta, Rabu (15/6/2022).

Dia menjelaskan, Hadi Tjahjanto langsung mengikuti rapat terbatas usai dilantik Presiden Jokowi sebagai Menteri ATR/Kepala BPN.

Baca juga
PBNU Canangkan Kantor Baru di IKN Nusantara

Raja Juli menjelaskan, penyelesaian konflik agraria krusial. Sebab hal ini sudah dilontarkan Presiden Joko Widodo sebagaimana ditekankan melalui pertemuan Puncak Gugus Tugas Reformasi Agraria (GTRA Summit) 2022 di Wakatobi, Sulawesi Tenggara, Kamis (9/6/2022).

Dia juga berkomitmen menyelesaikan masalah sengketa tanah secara kolaboratif dan bekerja sama antarkementerian dan lembaga. Pasalnya, masalah agraria atau sengketa tanah banyak mencuat antara lain imbas ego sektoral kementerian.

Raja Juli menekankan, pihaknya juga akan membantu menyelesaikan sertifikasi tanah atau dikenal melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

Yang tidak kalah penting, ia menyebutkan bahwa Kementerian ATR/BPN juga dibebani tugas terkait penyediaan lahan untuk pembangunan di IKN Nusantara.

Baca juga
Jokowi Hanya Makan Kue hingga Mi Instan Saat Berkemah di IKN

“IKN salah satunya, jadi konflik agraria dan salah satu yang fokus Pak Jokowi juga IKN,” tegas Raja.

Perombakan Kabinet

Presiden dua menteri dan tiga wakil menteri baru di Istana Negara, Rabu siang. Pelantikan ini setelah Presiden merombak kabinet menteri demi mengoptimalkan kinerja pemerintah.

Terungkap, dua menteri yang dilantik adalah Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) dan mantan Panglima TNI Hadi Tjahjanto. Zulhas menggantikan Muhammad Luthfi yang sebelumnya Mendag. Adapun Hadi menggantikan Menteri ATR sebelumnya Sofyan Djalil.

Sementara, tiga wamen baru yang dilantik Presiden Joko Widodo adalah politikus Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Raja Juli Antoni (44) sebagai Wamen Agraria Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (BPN), Sekjen Partai Bulan Bintang (PBB) Afriansyah Noor (50) sebagai Wamen Ketenagakerjaan, serta mantan Wamen Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) John Wempi Wetipo (49) sebagai Wamendagri.

Tinggalkan Komentar