Kamis, 07 Juli 2022
08 Dzul Hijjah 1443

Dukungan untuk PON XX Terus Mengalir

Jumat, 24 Sep 2021 - 15:11 WIB
Dukungan untuk PON XX Terus Mengalir  - inilah.com
istimewa

Perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 yang diselenggarakan pada 2-15 Oktober 2021 meraih banyak dukungan.

Mulai dari dukungan komunikasi, infrastruktur kelistrikan, protokol kesehatan, hingga nutrisi untuk para atlet dan komponen yang terlibat pada ajang olahraga yang digelar dua tahun sekali itu.

Lantas apa saja bentuk dukungan yang didapat untuk PON XX tersebut? Berikut adalah beberapa rinciannya:

1.Dukungan untuk memperlancar komunikasi dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) berupa jaringan akses akses komunikasi selular 4G melalui pihak Telkom dan juga pemasangan wifi di seluruh arena pertandingan PON XX.

“Menyiapkan jaringan, dalam hal ini jaringan peta lebar untuk mendukung penyelenggaraan PON, di saat yang bersamaan juga tetap melayani kebutuhan harian pemerintahan dan masyarakat seperti sebelum PON ditambah dengan kebutuhan PON kapasitasnya 11 Gbps,” ujar Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate, seperti yang dikutip inilahcom,  Jakarta, Jumat, (24/09/2021).

Baca juga
Dijewer Karena Tak Tepuk Tangan, Pelatih Biliar Sumut Sebut Gubernur Edy Gila Hormat

2. Dukungan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) berupa asistensi protokol kesehatan untuk penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX. Dukungannya berupa pengiriman 3 juta masker, 3 ribu box alat tes antigen, 500 ribu botol cairan antiseptik, velbed, hingga tenda gerai.

“Kami ingin mendukung kelancaran penyelenggaraan PON XX di Papua dan meningkatkan kesiapan dalam pencegahan dan mitigasi penyebaran Covid-19 melalui perubahan perilaku dan dukungan penanganan kesehatan,” kata Kepala BNPB sekaligus Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Ganip Warsito.

3. Dukungan dari PLN memberikan alokasi dana untuk membangun infrastruktur kelistrikan di sejumlah wilayah di Papua. Seperti, Kabupaten Jayapura, Kota Jayapura, Kabupaten Merauke dan Kabupaten Mimika yang menjadi lokasi penyelenggaraan PON. Antara lain, Kabupaten Jayapura, Kota Jayapura, Kabupaten Merauke dan Kabupaten Mimika.

Baca juga
Nyalakan Api Tandai Dibukanya PON XX Papua, Ini Sosok Boaz Solossa

Dana tersebut juga mendukung kegiatan pembukaan PON nantinya. PT PLN (Persero) mengucurkan dana Rp 313 miliar untuk mendukung penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua.

“Dari awal PLN berkomitmen untuk mendukung pelaksanaan PON di Papua ini. Ini adalah perhelatan nasional. Keberhasilan penyelenggaraan PON ada keberhasilan bangsa,” ucap Syofvie Direktur Manajemen Sumber Daya Manusia Syofvi F. Roekman.

4. Nestle Milo mendukung para atlet dan semua yang terlibat dalam perhelatan PON XX mendapatkan energi dan nutrisi yang terpenuhi setiap harinya.

Tidak hanya itu, Nestle juga turut mengajak masyarakat Indonesia untuk semangat aktif untuk ikut MILO Activ Academy Weekly Challenge  bagi anak usia 6-12 tahun dan Milo Whatsapp (Kulwap) edisi PON bagi para orang tua.

“Kami turut mengapresiasi MILO yang mengajak masyarakat Indonesia untuk dapat merasakan semangat pesta olahraga nasional ini dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Kami percaya bahwa olahraga tidak hanya untuk menjaga kebugaran tubuh dan kesehatan maupun pencapaian prestasi olahraga, tetapi juga mengajarkan kita untuk menjadi individu yang sportif dan tertib, bahkan bisa menjadi sarana untuk mempersatukan Indonesia,” kata Drs. Chandra Bhakti, M.Si, Deputi 4 Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia.

Tinggalkan Komentar

×