Minggu, 05 Februari 2023
14 Rajab 1444

Dunia Krisis Pangan hingga Inflasi, Jokowi Ajak Uni Eropa Genjot Kerja Sama

Senin, 14 Nov 2022 - 11:46 WIB
Penulis : Ahmad Munjin
Dunia Krisis Pangan hingga Inflasi, Jokowi Ajak Uni Eropa Pacu Kerja Sama - inilah.com
(Foto: Humas Kemenko Perekonomian)

Presiden Joko Widodo mendorong peningkatan kerja sama Uni Eropa dalam menghadapi krisis multidimensi, seperti pangan, energi, dan inflasi. Hal itu disampaikan Jokowi saat bertemu Presiden Dewan Eropa.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mendampingi Presiden Joko Widodo dalam pertemuan bilateral dengan Presiden Dewan Eropa Charles Michel pada rangkaian penyelenggaraan KTT ASEAN Kamboja di Phnom Penh, Sabtu (12/11/2022).

Dunia Krisis Pangan hingga Inflasi, Jokowi Ajak Uni Eropa Pacu Kerja Sama - inilah.com
(Foto: Humas Kemenko Perekonomian)

Dalam pertemuan tersebut, Jokowi mengajak Uni Eropa untuk terus meningkatkan kerja sama dengan Indonesia dan juga ASEAN, termasuk juga mengisi kerja sama konkret di kawasan Indo-Pasifik.

“Kondisi dunia tidak membaik, krisis multidimensi harus kita hadapi antara lain krisis pangan, krisis energi, dan inflasi. Hanya satu opsi untuk menangani tantangan tersebut yaitu kerja sama,” ucap Presiden.

Baca juga
Heboh Pembocoran Data, Polri Belum Ambil Tindakan Terhadap Bjorka

Sementara itu dalam sambutan pengantarnya, Presiden Dewan Eropa mengucapkan selamat dan apresiasi kepada Presidensi G20 Indonesia di tengah situasi yang sedang tidak mudah seperti sekarang ini. “Dewan Eropa mendukung penuh Presidensi G20 Indonesia,” ucap Charles Michel.

Turut hadir mendampingi Presiden Joko Widodo dalam pertemuan bilateral yaitu Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Tinggalkan Komentar