Selasa, 28 Juni 2022
28 Dzul Qa'dah 1443

Eddie Nketiah, Striker Arsenal Pewaris Nomor Punggung Thierry Henry

Senin, 20 Jun 2022 - 13:31 WIB
Nketiah
Eddie Nketiah

Penyerang muda Arsenal Eddie Nketiah bakal mewarisi nomor punggung 14 yang ikonik setelah ia menyepakati perpanjangan kontrak jangka panjang dengan klub Inggris tersebut.

Pemberian nomor punggung 14 yang kesohor sejak dikenakan oleh legenda Arsenal Thierry Henry, memperlihatkan kepercayaan besar bagi pemain berusia 23 tahun itu dari manajer Mikel Arteta.

“Saya senang Eddie bertahan dengan kami. Ia mewakili segala nilai-nilai klub ini,” kata Arteta.

Arteta juga mengaku puas setelah dilakukan perpanjangan kontrak terhadap Nketiah, sehingga bisa kembali diturunkan ke lapangan hijau.

“Kami sangat senang ia telah memperpanjang kontrak dan sekarang kami bisa segera bekerja lagi untuk melanjutkan pengembangan talenta besar yang ada di dirinya,” lanjutnya.

Nketiah merupakan jebolan akademi Arsenal yang berlokasi di Hale End dan menandai debut laga kandang seniornya dengan dua gol ke gawang Norwich City dalam pertandingan Piala Liga Inggris pada 2017.

Baca juga
Menang Lagi, Arsenal Bantai Norwich City Liga Gol Tanpa Balas

Musim lalu, Nketiah mencatatkan lima gol di Liga Premier Inggris dan mulai merebut kepercayaan Arteta dengan kesempatan delapan kali turun sebagai pancamula.

Secara keseluruhan sejak melakoni debut senior pada 2017, Nketiah telah menorehkan 23 gol di semua kompetisi dalam 92 pertandingan bersama Arsenal.

Di tingkat internasional ia merupakan top skor sepanjang masa timnas Inggris U-21 dengan 16 gol dari 17 penampilan serta menjadi kapten saat menjuarai Piala Eropa U-21 2021.

Kepergian Pierre-Emerick Aubameyang pada Januari lalu disusul Alexandre Lacazette musim panas ini membuat Nketiah kian naik dalam persaingan memperebutkan tempat utama di lini depan Arsenal. Ia juga berharap bisa menyusul rekannya sesama jebolan Hale End, yakni Bukayo Saka dan Emile Smith Rowe, ke timnas senior Inggris

Baca juga
Bangkit dari Ketertinggalan, Manchester City Menang Dramatis Atas Arsenal

Selain Henry, nomor punggung 14 juga belakangan sempat dipakai oleh Theo Walcott dan Aubameyang.

Sebelumnya, warisan nomor punggung 14 yang diberikan kepada Eddie Nketiah sempat mendapat cemoohan dari para fans. Fans menilai Nketiah masih belum layak menggunakan nomor punggung milik Thierry Henry tersebut.

Namun Nketiah mendapap pembelaan dari Ian Wright yang juga merupakan legenda Arsenal. Melalui akun media sosialnya, Wright menilai para fans tidak pantas memperlakukan Nketiah seperti itu.

Dirinya pun meminta kepada para fans agar tidak mempersoalkan nomor punggung penyerang Arsenal tersebut. Karena hanya menjadi sosok toxic bagi komunitas Arsenal.

“Anda mengatakan diri anda fans Arsenal tapi mengapa anda memberikan dampak negatif bagi tim ini? Apakah kalian berani mengatakan itu langsung di depan muka Eddie? Jika tidak, tutup mulut kalian!” tulisnya.

Baca juga
Chelsea Tumbang dalam Derbi Lawan Arsenal, Thomas Tuchel Keluhkan Lapangan

Diketahui, Thierry Daniel Henry adalah mantan pemain sepak bola Prancis yang juga bermain sebagai penyerang di klub Arsenal pada 1999-2007. Selama bergabung, Henry beberapa kali membawa Arsenal menjuarai Premier League, FA Cup, dan FA Community Shield.

Tinggalkan Komentar