Efektivitas Vaksin Covid-19 Turun Terhadap Varian Delta Usai 6 Bulan?

Efektivitas Vaksin Covid-19 Turun Terhadap Varian Delta Usai 6 Bulan? - inilah.com
Dokumentasi INILAHCOM/Agus Priatna

Apakah benar, vaksin covid-19 turun efektivitasnya setelah enam bulan terhadap varian Delta?

Jawaban:

Menurut dokter Adam Prabata, sebagai dokter yang terus memberikan edukasi terkait covid-19 di instagram pribadinya @adamprabata, Jakarta, Senin, (06/09/2021), pertanyaan tentang efektivitas vaksin covid-19 setelah enam bulan untuk menghadapi varian Delta terus berdatangan.

Vaksin covid-19 dapat mengalami penurunan efektivitas untuk mencegah infeksi atau covid-19 bergejala setelah enam bulan, terutama terhadap varian Delta.

Tetapi, perlu diperhatikan, efektivitas vaksin covid-19 terhadap rawat inap atau covid-19 berat masih cenderung terjaga pada periode tersebut.

COVID-19 varian Delta atau B.1.617.2 merupakan penyakit COVID-19 yang disebabkan oleh virus Corona yang bermutasi. Munculnya varian virus Corona baru ini pertama kali dilaporkan di India pada Desember 2020.

Baca juga  Bantuan Beras untuk Warga Terdampak Pandemi diberikan Lewat Patriot Bela Bangsa

Varian ini ditemukan di lebih dari 74 negara, termasuk Indonesia. Selain varian Delta, ada beberapa varian lain dari virus Corona yang bermutasi, misalnya varian Alfa, Beta, Gamma, dan Lambda.

Tersebarnya covid-19 varian Delta merupakan masalah kesehatan serius dan turut berperan dalam terjadinya lonjakan kasus positif covid-19 di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia.

Tinggalkan Komentar