Rabu, 29 Juni 2022
29 1444

Andalkan Ekonomi Kreatif, Menteri Sandi Yakin Tercipta 20 Juta Lapangan Kerja

Rabu, 08 Jun 2022 - 22:35 WIB
Ekonomi Kreatif, Menteri Sandi Yakin Tercipta 20 Juta Lapangan Kerja
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga S Uno. (Sumber: JPNN).

Dengan majunya sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) berbasiskan ekonomi kreatif, Menparekraf Sandiaga Uno meyakini bakal tercipta 20 juta lapangan kerja.

Kata Menteri Sandi, UMKM dari sub sektor kuliner dan kriya di Kota Serang, Banten, memiliki potensi besar untuk terus dikembangkan. Punya peran penting dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi serta kesejahteraan masyarakat.

“Jadi kita lakukan pelatihan atau workshop untuk pengembangan subsektor kuliner dan kriya guna peningkatan produk baik hasil dan juga pemasarannya serta inovasi dalam produknya,” kata Menteri Sandi, dikutip Rabu (8/6/2022).

Menurutnya, pemilihan peningkatan kuliner dan kriya di Kota Serang, dipilih setelah Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) melakukan survei. Di mana, bisnis kuliner dan kriya sangat potensial dikembangkan di Kota Serang.

Baca juga
Nilai Transaksi PaDi UMKM Virtual Expo 2021 Tembus Rp11,8 Miliar

Workshop Pengembangan Kabupaten/Kota (KaTa) Kreatif Indonesia yang merupakan rangkaian program Pengembangan Kabupaten/Kota (KaTa) Kreatif Indonesia tahun 2022. Dari 25 lokasi yang direncanakan, Kota Serang menjadi lokasi ke-12 yang mendapat kesempatan mengikuti workshop dan bertemu langsung dengan Menteri Sandi. .

Dia melanjutkan, kegiatan workshop ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mendorong kebangkitan ekonomi kreatif dan memfasilitasi para pelaku ekonomi kreatif juga pelaku UMKM dalam bereksplorasi dan mengembangkan ide-ide kreatif dan inovatif yang memiliki nilai tambah dan nilai jual yang tinggi. “Dalam workshop ini akan diberikan pelatihan tentang membranding, produksi dan juga memasarkan produk dari para UMKM dan masyarakat yang ikut workshop,” tegasnya.

Baca juga
Menko Luhut Dorong UMKM Gencar Promosi Lewat Pameran Adi Wastra Nusantara

Selain itu, kata dia, Kemenparekraf meminta Wali Kota Serang untuk menyediakan tempat khusus untuk memasarkan produk kuliner dan kriya dari UMKM. “Saat kunjungan ke Kota Serang, kami menemukan makanan khas dan sangat unik. Hanya ada di kota Serang yaitu sate Bandeng,” ungkapnya.

Pasca pandemi, Menteri Sandi menilai, produk kuliner sate bandeng bisa menjadi unggulan, karena beda dengan sate yang ada di daerah lain. “Coba sate bandeng khas Kota Serang ini ditonjolkan menjadi produk suvenir kuliner. Saya yakin bisa mendongkrak ekonomi daerah dan membanggakan kota Serang,” tuturnya.

Tinggalkan Komentar