Senin, 04 Juli 2022
05 Dzul Hijjah 1443

Eks Kader PDIP Gugat Megawati Rp40 Miliar

Rabu, 06 Okt 2021 - 16:03 WIB
Penulis : Willi Nafie
Eks Kader PDIP Gugat Megawati Rp40 Miliar - inilah.com
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri (foto istimewa)

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, digugat senilai Rp40 miliar oleh mantan kadernya, yakni Saut Martua Tamba, Renaldi Naibaho, Harry Jono Situmorang, dan Romauli Panggabean ke Pengadilan Negeri Balige. 

Gugatan itu ada dalam situs sipp.pn-balige.go.id, dalam gugatan dengan nomor perkara 96/Pdt.Sus-Parpol/2021/PN Blg. 

Empat orang tersebut diduga melayangkan gugatan setelah dipecat dari kader partai berlambang kepala banteng moncong putih itu tanpa melalui mekanisme yang sah.

Para penggugat meminta kepada pengadilan untuk menyatakan seluruh perbuatan atau keputusan tergugat I dan II tidak sah atau batal demi hukum karena merugikan penggugat.

Penggugat juga meminta pengadilan menyatakan tak sah atau batal demi hukum terkait surat keputusan pemecatan yang dikeluarkan para tergugat. Kemudian meminta pengadilan memerintahkan Megawati mencabut surat keputusan pemecatan terhadap mereka sebagai kader PDIP.

Baca juga
Puan Lantang Ingatkan Kader PDIP: 'Jangan Jeruk Makan Jeruk'

Meminta pengadilan menyatakan mereka sah sebagai anggota PDIP dan anggota DPRD Kabupaten Samosir Periode 2019-2024.

Juga meminta pengadilan menyatakan tak sah atau batal demi hukum terkait Surat Permohonan Pergantian Antar Waktu (PAW) anggota DPRD Kabupaten Samosir untuk para penggugat yang dikirimkan kepada Ketua DPRD Kabupaten Samosir tertanggal 10 Mei 2021.

Para penggugat juga meminta pengadilan menghukum para tergugat untuk membayar ganti rugi secara tunai.

“Baik kerugian materiel maupun immaterial kepada penggugat sebesar Rp 40.720.000.000 secara tunai dan seketika setelah perkara ini berkekuatan hukum tetap,” demikian bunyi petitum itu.

Sementara itu, Wasekjen PDIP Arif Wibowo, membenarkan adanya gugatan tersebut dan kini sedang ditangani badan hukum partai.

Baca juga
Alasan Empat Eks Kader PDIP Gugat Megawati dan Isi Gugatannya

“Tapi saya sampaikan berpartai itu basisnya adalah kesukarelaan, voluntarism,” kata Arif, Rabu (6/10/2021).

Dia menekankan setiap orang yang menjadi anggota PDIP harus tegak lurus kepada perintah dan kebijakan partai, untuk itu bila dikenakan sanksi wajib diterima.

Tinggalkan Komentar