Selasa, 06 Desember 2022
12 Jumadil Awwal 1444

Eksepsi Chuck Putranto Ditolak, Hakim Minta Jaksa Segera Hadirkan Saksi

Kamis, 10 Nov 2022 - 12:55 WIB
Kuasa Hukum Kompol Chuck Putranto Akan Bacakan Eksepsi Pekan Depan
Terdakwa Kompol Chuck Putranto saat akan menjalani sidang perdana kasus 'obstruction of justice' pembunuhan berencana terhadap Brigadir J) di PN Jakarta Selatan, Rabu (19/10/2022). (Foto: Inilah.com/Didik Setiawan)

Ketua Majelis Hakim PN Jakarta Selatan, Ahmad Suhel menolak nota keberatan atau eksepsi mantan PS Kasubbagaudit Baggaketika Rowabprof Divisi Propam Polri, Kompol Chuck Putranto dalam sidang putusan sela di PN Jakarta Selatan, Kamis (10/11/2022).

“Mengadili, menolak keberatan atau eksepsi penasihat hukum terdakwa untuk seluruhnya,” kata Hakim Ahmad Suhel.

Untuk itu, Majelis Hakim memerintahkan Jaksa Penuntut Umum (JPU) untuk melanjutkan persidangan dengan agenda pembuktian dan pemeriksaan saksi-saksi dalam perkara obstruction of justice kematian Brigadir J atau Nofriansyah Yoshua Hutabarat.

“Dua, memerintahkan penuntut umum melakukan pemeriksaan saksi,” lanjut Suhel.

Majelis hakim menilai dakwaan jaksa terhadap terdakwa Chuck telah disusun secara cermat, lengkap, dan memenuhi syarat formil dan materiil sesuai dengan pasal 143 Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana (KUHAP).

Baca juga
Susul Ferdy Sambo, Dua Jenderal Polri Turut Mendekam di Mako Brimob

“Majelis hakim mempertimbangkan bahwa surat dakwaan yang dibuat penuntut umum sudah memenuhi syarat formil dan syarat materil,” kata  Suhel.

Maka, majelis hakim akhirnya memutuskan untuk menolak eksepsi dari anak buah Ferdy Sambo, Chuck Putranto.

Diketahui, jaksa penuntut umum (JPU) telah menanggapi eksepsi atau nota keberatan Chuck Putranto yang meminta agar majelis hakim menolak eksepsi untuk melanjutkan persidangan dengan agenda pembuktian dan pemeriksaan saksi-saksi.

Di sisi lain, dalam eksepsinya, Chuck Putranto meminta majelis hakim menerima eksepsi yang diajukan karena dakwaan jaksa tidak sesuai dengan perumusan dakwaan dan tidak disusun secara lengkap dan cermat.

Tinggalkan Komentar