Rabu, 30 November 2022
06 Jumadil Awwal 1444

Ekspor Perdana ke Arab Saudi, Mendag Zulhas Makin Percaya UMKM

Sabtu, 01 Okt 2022 - 15:30 WIB
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan meresmikan Halal Hub Jakarta sekaligus Pelepasan Ekspor Perdana Produk Hasil Pengembangan UMKM Halal Hub berupa makanan olahan senilai US$750 Juta ke Arab Saudi, Jakarta, Sabtu (1/10/2022).

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengapresiasi gebrakan UMKM Halal Hub Jakarta, sehingga mampu mengekspor makanan olahan ke Arab Saudi senilai US$750 juta.

Saat peresmian UMKM Halal Hub Jakarta sekaligus Pelepasan Ekspor Perdana Produk Hasil Pengembangan UMKM Halal Hub ke Arab Saudi, Jakarta, Sabtu (1/10/2022), Mendag Zulhas, sapaan akrabnya, semakin yakin bahwa produk UMKM Indonesia mampu menembus pasar global.

“Kami ingin mengapresiasi dan menyambut baik acara ini sebagai salah satu upaya mengakselerasi UMKM Indonesia untuk scale up dan go global,” papar Mendag Zulhas.

Suka atau tidak, keberadaan UMKM sangat penting dalam perekonomian nasional. Saat ini, UMKM merupakan mesin pertumbuhan ekonomi yang begitu diandalkan. Sehingga, perhatian terhadap UMKM telah menjadi agenda penting untuk memperkuat struktur perekonomian nasional dan penyerapan tenaga kerja.

Baca juga
INFOGRAFIS: Mendag Zulhas Kendalikan Inflasi Pangan Pasca-Kenaikan Harga BBM

“Untuk dapat memenuhi kebutuhan pasar domestik dan ekspor, UMKM perlu dukungan baik dalam peningkatan kuantitas, kualitas produknya, serta capacity building dan perluasan akses pasar,” imbuhnya.

Dia mengakui, program UMKM Halal Hub, memiliki concern yang sama dalam pengembangan UMKM dan produk halal Indonesia. Sehingga mampu bersaing di pasar lokal dan global. Untuk itu, Kemendag siap membangun sinergi dan kolaborasi dengan berbagai pihak guna mewujudkan hal tersebut, serta mendorong pemasaran produk UKM lebih luas.

“Agar UMKM kita bisa menyerbu pasar internasional, salah satunya kami berupaya membuka pasar potensial baru. Misalnya perjanjian dengan UAE sebagai hub pasar Timur Tengah, Asia Tengah, Afrika, serta Eropa Timur. Secara khusus, perjanjian Indonesia-UAE CEPA memiliki chapter khusus terkait isu halal yaitu Chapter Islamic Economy. Pada chapter tersebut, Indonesia dapat menyusun kerja sama saling pengakuan atau keberterimaan (MRA) sertifikasi halal,” papar Ketua Umum PAN ini.

Baca juga
Arab Saudi Minta Dubes RI Siapkan 500 Perawat

Kalau semuanya sudah terwujud, kata Mendag Zulhas, bakal memudahkan ekspor Indonesia ke pasar internasional.

“Saya harapkan, ‘jalan tol’ yang sudah kami buka ini, dapat dimanfaatkan dengan baik dan optimal oleh seluruh pelaku usaha Indonesia,” tuturnya.

Tinggalkan Komentar