Kamis, 11 Agustus 2022
13 Muharram 1444

Elektabilitas Airlangga Menguat

Kamis, 07 Jul 2022 - 11:51 WIB
Airlangga Hartarto - inilah.com
Airlangga Hartarto

Kinerja positif Ketua Umum (Ketum) Partai Golkar Airlangga Hartarto memengaruhi tingkat keterpilihan (elektabilitas) Menko Perekonomian itu sebagai calon presiden (capres) pada 2024. Pengamat politik dari Universitas Al Azhar Indonesia, Suparji Ahmad menilai, hal itu dibuktikan dari hasil survei terbaru dari Dinamika Survei Indonesia (DSI) yang menunjukkan elektabilitas Airlangga menguat.

Suparji menyebutkan, masyarakat sudah cerdas dan mampu menilai anggota kabinet yang berkinerja baik. Posisi Airlangga sebagai Menko Perekonomian dan peran sentralnya dalam penanganan pandemi COVID-19 sebagai Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), turut disadari masyarakat.

“Hasil survei menjadikan peluang Airlangga sebagai capres 2024 terus meningkat, karena dia itu telah membuktikan dalam kinerjanya baik sebagai Menko Perekonomian dan Ketum Golkar,” tutur Suparji dalam keterangan, di Jakarta, Kamis (7/7/2022).

Hal ini menandakan pula posisi Airlangga saat ini sangat krusial di pemerintahan. Selain sebagai menteri dan ketum parpol besar, kinerja positif Airlangga turut menentukan persepsi publik sehingga elektabilitas yang bersangkutan menguat.

Sebelumnya, DSI menempatkan nama Airlangga Hartarto sebagai tokoh yang dianggap paling berintegritas oleh 2.050 responden. Nama Airlangga mengungguli sejumlah tokoh yang dinilai bakal menjadi calon presiden lainnya pada Pilpres 2024.

Dalam survei DSI, kualitas tertinggi kepemimpinan diukur dari integritas tokoh menduduki jabatan publik. Airlangga dipilih sebanyak 89,80 persen responden sebagai bakal capres berintegritas.

Di posisi kedua, muncul nama Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dengan 78,80 persen, disusul KSAD Dudung Abdurachman dengan 78,10 persen. Selanjutnya, muncul nama-nama seperti Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Puan Maharani.

Selain dinilai paling berintegritas, Airlangga juga teratas dipilih responden karena memenuhi dua kriteria pemimpin ideal. Yakni, teratas dalam kriteria pemimpin yang menginspirasi dengan 85,80 persen dan urutan kedua sebagai pemimpin yang mengambil keputusan tepat di waktu yang tepat dengan 86,20 persen.

Survei DSI juga menemukan Airlangga menjadi tokoh yang kebijakan dan programnya dinilai responden paling dirasakan dalam kehidupan ekonomi dan sosial. Nama Airlangga Hartarto disebut oleh 37,2 persen responden yang kebijakan dan programnya paling banyak dirasakan, jauh di atas kandidat capres lain yang saat ini mengisi jabatan publik.

Menurut Suparji, selain membuktikan kinerja di jabatan publik, Airlangga juga dinilai berhasil membawa perubahan pada Partai Golkar. Airlangga dinilai berhasil menyatukan kader-kader Golkar menjadi solid. Golkar saat ini dalam kondisi baik untuk menghadapi Pemilu 2024.

“Airlangga menyatukan kader-kader ditubuh Golkar semakin solid, kepercayaan itulah yang menjadi elektabilitas Golkar terus tinggi,” tegas Suparji.

Tinggalkan Komentar