Elon Musk Bayar Pajak Rp185 Triliun

259785736 1011769033004712 727784084869112413 N - inilah.com
Elon Musk

Orang terkaya di dunia, Elon Musk bakal menjadi orang yang membayar pajak terbesar sepanjang sejarah.

Dalam cuitannya, Elon Musk akan membayar pajak sebesar Rp158,1 triliun untuk tahun 2021.

“Bagi mereka yang bertanya-tanya, saya akan membayar pajak lebih dari US$ 11 miliar tahun ini,” cuit Musk di akun Twiiter-nya.

Sebelumnya, memang telah memancing perdebatan publik saat ‘menanyakan’ berapa besaran pajak yang harus dibayarkannya.

Dengan cuitan terbarunya, Musk benar-benar bisa menghidupi sebuah negara dari kewajiban pajaknya saja.

Musk, salah satu pendiri pembuat mobil listrik Tesla dan produsen kedirgantaraan SpaceX, menjadi orang terkaya di dunia awal tahun ini.

Bloomberg Billionaires Index menempatkan kekayaan Musk di US$ 243 miliar (Rp 3.496 triliun), sementara Tesla bernilai sekitar US$ 1 triliun (Rp 14.387 triliun) dan SpaceX bernilai US$ 100 miliar (Rp 1.438 triliun).

Baca juga  Karyawan Gugat Tesla Inc Karena Pelecehan Seksual

Pekan lalu, Musk dinobatkan sebagai Person of the Year Majalah Time.

Penobatan itu mendorong Senator Warren untuk menulis di Twitter : “Mari kita ubah kode pajak yang dicurangi sehingga ‘The Person of the Year’ benar-benar membayar pajak dan berhenti membebani orang lain.”

Presiden AS Joe Biden ingin sekali menaikkan pajak pada orang-orang ultra-kaya, meskipun rencana legislatif sejauh ini terhenti di Kongres.

Beberapa senator, termasuk Warren, telah mendukung gagasan untuk mengenakan pajak tidak hanya pada pendapatan warga terkaya Amerika, tetapi juga kenaikan nilai aset yang mereka miliki, seperti saham.

Banyak warga Amerika terkaya tidak menerima gaji kena pajak secara langsung. Sebaliknya, mereka menyimpan kekayaan mereka disaham dan investasi lainnya, kemudian mengambil pinjaman dengan menggunakan aset tersebut sebagai jaminan.

Baca juga  Facebook Berencana Bentuk Tim Tangani Konten Pemilu

Musk menanggapi cuitan Senator Warren, mengatakan dia akan membayar lebih banyak pajak daripada orang Amerika dalam sejarah tahun ini.

Tinggalkan Komentar