Minggu, 26 Juni 2022
26 Dzul Qa'dah 1443

Empat Cara Agar Baterai Mobil Listrik Lebih Irit

Jumat, 24 Jun 2022 - 13:53 WIB
Baterai Mobil Listrik
(foto: Bloomberg)

Setiap jenis kendaraan pastinya membutuhkan sumber energi untuk bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Untuk kendaraan bermesin konvensional, sumber energinya tentu saja adalah bahan bakar seperti bensin atau solar. Sedangkan untuk kendaraan listrik, sumber energinya berasal dari baterai yang bertugas untuk menggerakkan motor listrik di mesinnya.

Agar baterai yang terdapat dalam kendaraan listrik bisa irit, ada beberapa cara yang bisa diikuti, bahkan cara-cara menghemat baterai kendaraan listrik ini kurang lebih sama seperti cara menghemat bahan bakar pada kendaraan bermesin konvensional.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut empat cara untuk menghemat baterai kendaraan listrik sehingga mobil listrik yang digunakan bisa irit dan tidak perlu mengisi ulang terlalu sering:

Baca juga
20 Tips Jaga Anak di Musim Hujan

1. Jangan mengemudi terlalu agresif

Mobil listrik punya satu kelebihan yang tidak dimiliki oleh mobil pembakaran internal, yaitu punya torsi instan. Torsi yang instan ini kadang membuat pengendara mobil listrik mengemudi dengan agresif sehingga baterai mobil listrik terkuras lebih cepat.

Oleh karena itu, jangan berkendara terlalu agresif, selain membuat baterai mobil listrik lebih boros juga bisa menimbulkan kecelakaan.

2. Gunakan mode berkendara ‘Eco’

Mobil-mobil yang dirilis belakangan ini, baik mobil dengan mesin konvensional atau pun mobil listrik, kebanyakan sudah dibekali dengan mode berkendara yang bisa digunakan sesuai dengan peruntukannya. Mode berkendara ini biasanya terdiri dari mode ‘sport’ yang membuat mobil mencapai performa maksimalnya dan mode ‘eco’ yang membatasi kemampuan mobil untuk berakselerasi agar menghemat sumber energi.

Baca juga
Mulai 1 Juli, Fiat Setop Penjualan Mobil Berbahan Bakar Fosil di Inggris

Agar baterai mobil listrik lebih awet, sebaiknya gunakan mode berkendara ‘eco’.

3. Pastikan tekanan angin ban sesuai

Ban adalah komponen penting untuk kendaraan untuk dapat bergerak sebagaimana mestinya. Tekanan angin pada ban menjadi hal yang harus diperhatikan agar baterai mobil listrik jadi lebih irit. Tekanan angin ban yang tidak sesuai tentu saja akan mempengaruhi konsumsi daya dari mobil listrik.

Tekanan angin yang terlalu rendah bisa menyebabkan mobil berjalan lebih berat dan berakibat pada meningkatnya konsumsi baterai mobil listrik.

4. Jangan berkendara melebihi muatan mobil

Setiap kendaraan tentu saja punya batas maksimal dalam mengangkut beban. Kelebihan muatan ini bisa membuat mobil listrik harus mengeluarkan performa yang lebih untuk bisa melaju dengan baik. Hal ini secara langsung juga berpengaruh pada konsumsi baterai mobil listrik.

Baca juga
Genjot Multiplier Effect, Insentif PPn Properti dan Otomotif Incar Dana Kelas Menengah Atas

Sebaiknya, jangan mengendarai mobil listrik melebihi batas maksimal muatannya. Selain agar lebih irit baterai, mengendarai mobil yang melebihi batas muatan ini bisa menimbulkan dampak yang tidak diinginkan.

Tinggalkan Komentar