Rabu, 18 Mei 2022
17 Syawal 1443

Empat Stasiun di Daop 2 Bandung Tetap Layani Tes Antigen untuk Penumpang

Empat Stasiun di Daop 2 Bandung Tetap Layani Tes Antigen untuk Penumpang

Sebanyak empat stasiun di wilayah Daop 2 Bandung, Jawa Barat, tetap melayani rapid test antigen menyusul adanya ketentuan perjalanan bagi pengguna jasa kereta api.

“KAI akan memastikan seluruh pelanggan menerapkan protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah,” kata Manajer Humas Daop 2 Bandung Kuswardoyo di Purwakarta, Jawa Barat, Selasa (5/4/2022).

Ia mengatakan, sesuai dengan Surat Edaran Kemenhub Nomor 39 Tahun 2022, keberangkatan mulai 5 April 2022, pelanggan KA Jarak Jauh yang telah mendapatkan vaksin ketiga (booster) tidak wajib untuk menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR atau Antigen pada saat keberangkatan.

Namun, bagi yang sudah divaksin kedua, wajib menunjukkan hasil negatif rapid tes antigen 1×24 jam atau tes RT-PCR 3×24 jam, dan yang vaksin pertama.

Baca juga
Pendapatan Asuransi Jiwa Tumbuh 11,9% Jadi Rp241,17 Triliun di 2021

Seiring dengan hal tersebut, Kuswardoyo menyampaikan jika di wilayah Daop 2 Bandung, KAI menyediakan empat stasiun yang melayani rapid test antigen.

Keempat stasiun itu ialah Stasiun Bandung, Kiaracondong, Tasikmalaya dan Stasiun Banjar. “Pelanggan yang tidak melengkapi persyaratan akan ditolak untuk berangkat dan dipersilakan untuk membatalkan tiketnya,” katanya.

Dalam rangka memperlancar proses pemeriksaan, KAI telah mengintegrasikan ticketing system KAI dengan aplikasi Peduli Lindungi untuk memvalidasi data vaksinasi dan hasil tes COVID-19 pelanggan.

Sementara itu, KAI menetapkan masa Angkutan Lebaran yaitu H-10 sampai H+10 Lebaran atau 22 April sampai 13 Mei 2022. Hingga 5 April 2022 tercatat sejumlah perjalanan KA di tanggal favorite, yakni tanggal 30 april 2022, ke arah Jawa Tengah dan Jawa Timur telah habis terjual.

Baca juga
Pasar Saham Mulai Cemaskan Tren Kenaikan Kasus Omicron di Tanah Air

Tiket perjalanan KA yang telah habis terjual untuk keberangkatan pada 30 April 2022 adalah KA Argo Wilis, Turangga, Lodaya, Kutojaya, Pasundan dan KA Kahuripan.

Tinggalkan Komentar