Selasa, 24 Mei 2022
23 Syawal 1443

Empat Tips Jitu Hindari Hoaks

Tips Hoaks
(ist)

Kehadiran internet memberikan akses ke informasi dalam jumlah tidak terbatas, seringkali sulit memilah apakah informasi tersebut benar atau tidak.

Berita palsu, atau yang juga populer dengan nama hoaks, bisa menyebar ke mana-mana bahkan ke tempat yang tidak terduga.

Kaspersky memberikan beberapa cara agar tidak mudah terjebak hoaks di dunia maya. Apa saja?

1. Temukan sumber informasi

Ketika mendapatkan sebuah informasi, hal pertama yang harus dilakukan adalah memeriksa dari mana informasi tersebut berasal. Tahapan ini sangat diperlukan untuk menyaring apakah sumber informasi tersebut bisa dipercaya.

Sumber informasi yang bisa dipercaya misalnya situs resmi organisasi atau portal berita.

Baca juga
Berkaca dari Malaysia, Operator Indonesia Diminta Matikan Layanan 3G

2. Mengecek fakta

Setiap informasi yang diterima, baik berupa video, teks atau suara, berisi fakta tertentu yang bisa diverifikasi kebenarannya ke sumber lain.

Gunakan mesin pencari untuk mengecek nama, tanggal, lokasi dan informasi lainnya. Jika setelah ditelusuri ada dua referensi yang menunjukkan informasi tersebut tidak akurat, bisa jadi informasi tersebut memang tidak benar.

3. Memperhatikan detail

Jika fakta dalam informasi tersebut sudah sesuai, jangan lupa cek hal lain seperti gambar, istilah dan kutipan. Misalnya, cek dengan mesin pencari apakah gambar tersebut sudah diubah.

4. Mencari keberagaman kasus

Ketika mendapatkan informasi yang diduga bisa berdampak luas, cek lagi fenomena tersebut memang berdampak luas. Misalnya ketika mendapat informasi ‘tidak bisa hamil setelah vaksinasi’, gunakan berbagai kata kunci untuk mencari variasi kasus.

Baca juga
Jutaan Email Phishing Disamarkan Jadi Berkas HTML

Ketika hasil mesin pencarian kebanyakan berisi detail kunci yang sama, misalnya, nama, usia, tanggal dan lokasi, kemungkinan peristiwa tersebut adalah kasus tunggal.

Tinggalkan Komentar