Minggu, 05 Februari 2023
14 Rajab 1444

Enak Bener Menteri IKN, Jokowi Siapkan Rumah Mewah Rp14 Miliar/Unit

Kamis, 26 Jan 2023 - 08:56 WIB
IKN Jokowi nusantara - inilah.com
Presiden Jokowi bersama Ketua DPR Puan Maharani, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Kepala Badan Otorita IKN Bambang Susantono, Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor, dan para pemred berfoto bersama berjalan di Titik Nol Ibu Kota Nusantara, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, Rabu (22/6/2022). (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)

Ketika keuangan negara dihemat, mengantisipasi gejolak ekonomi dunia, pemerintahan Jokowi justru menganggarkan dana jumbo untuk rumah menteri di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur (Kaltim). 1 unit rumah dijatah Rp14 miliar.

Dalam rapat dengar pendapat (RDP) bersama Komisi V DPR, Jakarta, Rabu (25/1/2023), Direktur Jenderal Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Iwan Suprijanto mengungkap anggaran jumbo untuk pembangunan rumah menteri di persil 104 dan 105 Kawasan Inti Pusat Pemerintahan Ibu Kota Nusantara (KIPP IKN).

Untuk 1 unit rumah menteri IKN, anggarannya mencapai Rp14,4 miliar. “Satu unit rumah tapak untuk Menteri di IKN bakal fully furnished, termasuk isinya, memang bapak ibu Menteri yang menempati, tinggal masuk saja. Jadi isinya itu menang sudah lengkap,” ujar Iwan, dikutip Kamis (26/1/2023).

Baca juga
Berapa Biaya Produksi BBM, Pakar UGM: Hanya Pertamina dan Tuhan yang Tahu

Iwan menjelaskan, kebutuhan biaya untuk pembangunan rumah tapak menteri di IKN yang berjumlah 36 unit, mencapai Rp520 miliar. “Ini merupakan paket MYC tahun 2022 sampai dengan 2024, di mana alokasi anggaran sebesar Rp78,48 miliar, telah terealisasi sebagai uang muka, ini baru terkontrak awal Desember lalu,” kata Iwan.

Saat ini, pembangunan rumah tapak Menteri di IKN sudah masuk dalam tahap penyusunan desain untuk selanjutnya masuk pada tahapan kKonstruksi. Kementerian PUPR telah menunjuk penyedia jasa PT Adhi Karya (Persero) Tbk menjalin kerja sama operasi (KSO) dengan PT Ciriajasa Engineering Consultant untuk pelaksana pembangunan hunian tersebut.

Baca juga
Mo Salah Perpanjang Kontrak di Liverpool, Barcelona Gigit Jari

Selain rumah menteri, kata Iwan, APBN juga dialokasikan untuk pembangunan rusun pekerja konstruksi. Nilai kontrak MYC 2022-2023 sebesar Rp600 miliar. Rencananya, rusun dibangun sebanyak 22 tower dengan 4 lantai.

“Alokasi 2022 Rp471 miliar, dan realisasi keuangan sebsar 79% dari total dan realisasi fisik sampai akhir kemarin 89,75 persen, diharapkan dalam waktu yang tidak terlalu lama pada bulan Februari sudah bisa dimanfaatkan dan difungsikan,” pungkasnya

Tinggalkan Komentar