Enam Kecamatan di Kabupaten Bekasi Terendam Banjir

banjir bekasi
(foto: Antara)

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, melaporkan enam dari 23 kecamatan di daerah itu terendam banjir akibat hujan lebat disertai angin sepanjang Rabu (12/1/2022).

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bekasi Henri Lincoln di Cikarang, Kamis, mengatakan enam wilayah yang terendam banjir itu adalah Kecamatan Babelan, Sukakarya, Tarumajaya, Cikarang Barat, Cikarang Timur, dan Kecamatan Cikarang Utara.

“Titik banjir di delapan desa yang tersebar di enam kecamatan, tapi sejak siang tadi sudah berangsur surut,” katanya.

Henri menjelaskan banjir yang melanda wilayah tersebut, selain disebabkan oleh hujan dengan intensitas tinggi, juga akibat luapan air dari sungai serta pasang air laut.

Baca juga  Minta Perlindungan Nasib, Serikat Pekerja Surati Presiden Jokowi

“Penyebabnya intensitas hujan tinggi disertai angin, meluapnya aliran sungai akibat drainase yang tidak berfungsi dengan baik dan pasang air laut,” katanya.

Ketinggian banjir di enam wilayah itu bervariasi. Kecamatan Cikarang Utara menjadi titik banjir terparah dengan tinggi muka air mencapai 80 sentimeter.

“Di titik lain masih di Kecamatan Cikarang Utara, ketinggian muka airnya bervariasi mulai dari 10 sentimeter,” ucap Henri.

Di Kecamatan Babelan, Tarumajaya, dan Cikarang Barat dengan ketinggian 10-30 sentimeter, Kecamatan Sukakarya 20-40 sentimeter, serta Kecamatan Cikarang Timur setinggi 20-70 sentimeter.

BPBD Kabupaten Bekasi kini tengah mendata jumlah warga terdampak banjir setelah banjir dinyatakan berangsur surut.

Baca juga  Soal Pemanggilan Ubed, KPK: Materinya Tidak Bisa Kami Sampaikan

“Bersama pegiat kebencanaan lain, kami melakukan pendataan, evakuasi, juga memberikan imbauan kepada warga terdampak banjir,” kata Henri.

Tinggalkan Komentar