Enam Kiat Mencari Rumah Idaman Agar Tidak Terjebak Penipuan

Rumah Idaman
istimewa

Kehadiran mesin pencari di internet tentu sangat membantu dalam mencari kebutuhan hunian. Pertimbangan dalam mencari rumah idaman pun bermacam-macam, namun setidaknya ada enam faktor yang layak dipertimbangkan sebagai tolok ukur dalam mencari rumah impian agar tidak terjebak penipuan. Penasaran apa saja?

1. Lokasi

Lokasi menjadi faktor utama yang harus kita pertimbangkan. Calon pembeli harus mencari tahu apakah lokasi rumah dekat dengan pusat kota, tempat kerja, dan sarana transportasi.
Pastikan juga lokasi rumah tidak menjadi langganan banjir saat musim hujan. Lakukan riset sedetail mungkin agar bisa menghindari kerugian di masa depan, seperti yang dikutip dari siaran pers, Pinhome, ditulis di Jakarta, Kamis, (02/12/2021).

Baca juga  Selalu Bawa Rantang, Kapolda Metro Takut Kena Kartu Merah

2. Harga

Poin ini mungkin bisa saja subjektif. Artinya, harga akan menyesuaikan dengan kemampuan para pembeli Namun, calon pembeli harus mengetahui apakah harga properti tersebut sesuai dengan pasar.

Umumnya, ketika akan membeli properti secondary (bekas), harus diketahui dulu apakah harga yang ditawarkan wajar.

3. Fasilitas

Beberapa hunian mungkin akan menawarkan fasilitas privat seperti area perumahan klaster, townhouse, atau apartemen.
Calon pembeli perlu mencari tahu apakah fasilitas tersebut benar-benar tersedia, jangan sampai tertipu informasi yang ada di iklan. Pastikan apakah fasilitas yang ditawarkan benar-benar ada dan berfungsi dengan baik.

Namun untuk rumah kavling, biasanya jarang ditemukan fasilitas seperti di area klaster dan townhouse.

4. Ukuran rumah

Baca juga  Facebook Ganti Nama, Perusahaan Kanada Ini Kecipratan Rejeki

Faktor ini bisa menjadi pertimbangan utama dalam mencari rumah idaman, tujuannya untuk menyesuaikan dengan kebutuhan calon pembeli.

Calon pembeli yang masih single tentu mempunyai kebutuhan berbeda dengan calon pembeli yang telah berkeluarga, serta tentunya ini akan berdampak pada ukuran rumah yang dicari.

5. Lingkungan sekitar

Faktor ini pun menjadi poin penting yang dipertimbangkan. Misalnya, di area tersebut sering terjadi pencurian maka hal ini akan membahayakan sekali.

Calon pembeli bisa menanyakan ke warga sekitar tentang kondisi lingkungan di area perumahan tersebut atau bertanya ke ketua RT sekitar untuk mengkonfirmasi apakah kehidupan tetangga di area tersebut aman dan harmonis.

Baca juga  Inilah 5 Cara Cerdas Keluar dari Grup WhatsApp Tanpa Ketahuan

6. Akses transportasi

Ini juga tidak kalah penting. Tentu akses untuk bepergian menjadi faktor esensial bagi semua orang.

Ketika sedang tidak ingin berkendara dengan kendaraan pribadi, maka transportasi publik menjadi pilihan utama. Untuk itu, penting mengetahui apakah rumah yang akan dipilih dekat dengan akses transportasi dan jalan besar.

Tinggalkan Komentar