Enam Manfaat Olahraga untuk Kesehatan Anak

Enam Manfaat Olahraga untuk Kesehatan Anak - inilah.com
istimewa

Untuk tetap sehat dan bugar, anak-anak perlu rutin bergerak atau berolahraga setidaknya 60 menit setiap hari.

Dengan bergerak aktif, proses tumbuh kembang anak-anak menjadi lebih optimal, serta baik untuk perkembangan fisik, mental dan spiritual anak.

Salah satu caranya dengan melakukan gerakan senam 3M ABC yang diusung oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi RI bersama Kalbe Consumer Health.

“Gerakan Senam 3M ABC disusun langsung oleh para Dokter Spesialis Kesehatan Olahraga dari PDSKO dengan memasukkan unsur pengingat prokes 3M dan gaya hidup sehat ABC Asupan nutrisi, Bergerak aktif, dan Ceria,” kata Ketua Umum Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga (PDSKO), Dr Leny Pintowari, Sp.KO, pada temu media virtual, Jakarta, baru-baru ini.

Baca juga  Nadiem Terus Pastikan Percepatan Vaksinasi Pelajar

Lebih lanjut Dr Leny menambahkan, gerakan yang memperlihatkan cara-cara mencuci tangan dan terapan protokol kesehatan ini mudah diterapkan dan menyenangkan bagi anak-anak.

“Gerakan ini berdurasi 12 menit sehingga dapat dilakukan beberapa kali dalam sehari. Anak-anak dianjurkan untuk melakukan senam ini secara rutin minimal 10-12 minggu,” tambahnya.

Manfaat dari olahraga yang dilakukan untuk anak-anak  antara lain:

1. Meningkatkan daya tahan tubuh,
2. Mempertahankan serta meningkatkan ketahanan jantung dan paru-paru,
3. Meningkatkan kekuatan otot dan tulang,
4. Meningkatkan kelenturan,
5. Mendukung perkembangan fisik, mental, sosial, perilaku dan kognitif anak,
6. Melindungi dari penyakit akibat kurang gerak seperti kegemukan, diabetes, hipertensi, keropos tulang (osteoporosis) dan lain-lain.

Baca juga  Inilah 5 Harga Mobil Murah Pilihan di Bulan September 2021

Tinggalkan Komentar