Kamis, 11 Agustus 2022
13 Muharram 1444

Erdogan Akhirnya Luluh, Turki Setuju Swedia-Finlandia jadi Anggota NATO

Rabu, 29 Jun 2022 - 17:55 WIB
Penulis : Fadly Zikry
NATO swedia finlandia turki erdogan - inilah.com
Presiden Turki Recep Tayyip Erdoğan (kiri) dengan Sekjen NATO Jens Stoltenberg di Kantor Pusat NATO, Brussels, 14 Juni 2021 - AFP

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan luluh. Ia akhirnya mencabut keberatan bergabungnya Finlandia dan Swedia menjadi anggota Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO).

Mengutip AFP, Rabu (29/6/2022), kantor Erdogan mengumumkan bahwa Turki setuju Finlandia dan Swedia bergabung NATO pada Selasa (28/6) tengah malam,

“Turki telah mendapatkan keuntungan signifikan dalam perang melawan organisasi teroris,” sebut kantor Erdogan menjelang pertemuan puncak atau KTT NATO yang digelar di Madrid, Spanyol.

Sebagai informasi, salah satu syarat untuk bergabung organisasi NATO yaitu seluruh negara anggota harus setuju secara bulat dalam menerima anggota baru.

Terkait organisasi teroris, Ankara menuduh Finlandia dan khususnya Swedia telah memberikan tempat perlindungan bagi militan Kurdi, yang selama bertahun-tahun memberontak terhadap Turki.

Kedua negara itu juga sepakat mencabut embargo pengiriman senjata ke Turki usai serangan militer yang dilancarkan Ankara ke Suriah tahun 2019 lalu.

Baca juga
Rusia Terbitkan Dokumen Perang Dunia II Saat Nazi Serang Soviet

Kantor kepresidenan Finlandia dalam pernyataannya mengungkapkan bahwa Turki telah menandatangani memorandum pada Selasa (28/6) waktu setempat. Isi memorandum tersebut mendukung Swedia dan Finlandia menjadi anggota NATO.

Tinggalkan Komentar