Kamis, 26 Mei 2022
25 Syawal 1443

Erick Thohir Ajak 8 Juta Diaspora Promosikan UMKM Indonesia di Luar Negeri

Erick Thohir Diaspora - inilah.com
Menteri BUMN Erick Thohir menghadiri pertemuan bilateral di Istana Al-Shatie, Abu Dhabi, UEA, Rabu (3/11). Foto BUMN

Populasi diaspora Indonesia yang berkisar 7 hingga 8 juta orang dinilai Menteri BUMN Erick Thohir berpotensi untuk mendukung, menaikkan dan mempromosikan produk-produk unggulan Indonesia di luar negeri.

“Dengan segala kerendahan hati saya memohon kepada para diaspora Indonesia untuk menanamkan Merah Putih dengan menaikkan budaya kita, menaikkan produk-produk unggulan kita di mancanegara. Kenapa tidak kita saling membantu,” ujar Erick Thohir dalam Silaturahmi BUMN dengan Diaspora Indonesia secara virtual di Jakarta, Sabtu (20/02).

Menteri BUMN mencontohkan bagaimana produk-produk UMKM Indonesia buktinya bisa masuk ke salah satu toko suvenir terbesar di Uni Emirat Arab (UEA) dengan bantuan jaringan diaspora Indonesia di sana.

Baca juga
Senior Golkar Sambangi Rizal Ramli untuk Beri Dukungan Nyapres 2024

Selain itu Erick Thohir juga sempat dikontak oleh seorang diaspora Indonesia dari Jepang yang kebetulan memiliki supermarket. Kalau memang diaspora itu bisa juga membuka jaringan untuk produk-produk Indonesia di supermarket yang berada di Jepang, hal ini bagus bagi produk Indonesia.

“Saya juga bertemu dengan diaspora Indonesia di Amerika Serikat yang sekarang merupakan salah satu pemain besar industri udang di AS. Kenapa kita tidak rajut,” kata pendiri Mahaka Group tersebut.

Menteri BUMN melihat pentingnya membangun ekosistem dengan kekuatan bangsa Indonesia, mengingat Indonesia memiliki sumber daya alam yang kuat untuk mendukung. Selama ini SDA Indonesia lebih banyak dimanfaatkan oleh bangsa lain untuk pertumbuhan ekonomi mereka.

Baca juga
Kementerian PUPR Targetkan Penataan Taman Wisata Laut di Pekalongan Rampung November 2021

“Kenapa SDA kita yang kuat dipakai oleh diaspora-diaspora Indonesia di luar negeri, oleh bangsa kita sendiri. Ini yang kita lakukan,” kata mantan presiden Inter milan tersebut.

Di samping itu Pasar Indonesia yang juga besar bisa menopang produk-produk unggulan dalam negeri tersebut. Selain unggul di dalam negeri, produk-produk Indonesia juga bisa menjadi produk unggulan di pasar luar negeri seperti Nigeria dan Filipina.

“Hal-hal ini bisa dilakukan, karena kita memiliki SDA dan pasar tinggal merajut jaringannya agar semakin kuat,” ujar Erick Thohir.

Tinggalkan Komentar