Sabtu, 02 Juli 2022
03 Dzul Hijjah 1443

Erick Thohir Blak-blakan, Utang PTPN Rp43 Triliun Korupsi Terselubung

Rabu, 22 Sep 2021 - 16:29 WIB
Penulis : Fadly Zikry
Erick Thohir Blak-blakan, Utang PTPN Rp43 Triliun Korupsi Terselubung - inilah.com
Menteri BUMN Erick Thohir saat meninjau perkebunan tebu PTPN XII, Glenmore, Banyuwangi, Jatim. ins/erickthohir

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, utang PT Perkebunan Nusantara (Persero) atau PTPN sebesar Rp 43 triliun merupakan korupsi terselubung.

Hal itu disampaikan Erick dalam rapat kerja dengan Komisi VI DPR RI, di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (22/9/2021).

“PTPN punya utang Rp 43 triliun. Ini merupakan penyakit lama dan saya rasa ini korupsi terselubung yang memang harus dibuka dan harus dituntut yang melakukan ini,” kata Erick.

Anggota Komite Olimpiade Internasional itu menambahkan, meski PTPN sudah berhasil restrukturisasi, namun harus ada komitmen untuk membenahi kinerja keuangan perusahaan.

April 2021 lalu, PTPN sudah mendapatkan perpanjangan pelunasan utang hingga 2028 dari 18 bank nasional dan asing.

Baca juga
Laba Bank Pelat Merah Tembus Rp72,05 Triliun, Menteri Erick Banjir Pujian

Untuk membenahi kinerja keuangan perusahaan, PTPN harus mengefisiensikan biaya operasional grup dan meningkatkan produksi.

“Jadi selain efisiensi, harus ada peningkatan produksi. Kita sekarang diuntungkan harga sawit yang lagi naik, tapi juga harus ada peningkatan produksi yang saat ini belum maksimal di PTPN. Sekarang sudah lumayan, ada peningkatan revenue (pendapatan) di PTPN,” kata Erick.

Erick menambahkan, kualitas produk PTPN saat ini masih kalah saing, bahkan di pasar lokal.

Agar utang PTPN bisa dicicil, maka Erick memfokuskan produksi PTPN pada satu produk. Produk yang dipilih yaitu sawit dan tebu.

“Konsol sawit ini yang kita harap jadi corporate aksi sehabis restrukturisasi, utang dibayarkan dan dalam inisiasi rapat terbuka di seluruh kementerian. Pembentukan SugarCo kita harus mayoritas untuk proteksi ekuilibrium persaingan gula di Indonesia. Road map jelas PTPN setelah konsolidasi, mana yang masuk itu mana pabrik yang bisa sustain dan mana yang harus ditutup,” tandas Erick.

Baca juga
Tak Mau Zalim Gantungkan Nasib Karyawan, Erick Thohir Bubarkan 7 BUMN Ini

Melalui transformasi BUMN, Erick juga meminta perusahaan llat merah memberikan kontribusi nyata kepada pelaku UMKM dan masyarakat. Beberapa waktu lali Erick juga melakukan kunjungan kerja ke perkebunan tebu PTPN XII. Erick meminta PTPN XII memberikan kontribusi bagi para petani tebu. Jika digarap dengan baik, Erick optimis Indonesia bisa swasembada gula konsumsi.

Tinggalkan Komentar