Erick Thohir Dampingi Jokowi Resmikan Pabrik Biodiesel di Kalimantan Selatan

Erick Thohir Dampingi Jokowi Resmikan Pabrik Biodiesel di Kalimantan Selatan - inilah.com
instagram.com/erickthohir

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mendampingi Presiden Joko Widodo meresmikan pabrik biodiesel di Kalimantan Selatan, Kamis (21/10/2021).

“Mendampingi Bapak Presiden @Jokowi dalam peresmian pabrik biodiesel milik PT Jhonlin Agro Raya di Kabupaten Tanah Bumbu, Provinsi Kalimantan Selatan,” kata mantan pemilik klub Inter Milan itu di akun Instagram-nya @erickthohir.

Dalam peresmian itu, Jokowi meminta Erick memprioritaskan industri energi nasional.

Dengan kualitas sumber daya manusia yang semakin baik dan didukung infrastruktur memadai, bos Mahaka Grup itu optimis Indonesia mampu mengolah industri siap pakai.

“Saya yakin Indonesia pasti bisa. Mohon doa dan dukungannya,” ujar Erick.

Baca juga  BMKG Keluarkan Peringatan Dini Rob 2-9 Desember di Utara Jakarta

Sebelumnya, Jokowi menyebutkan produksi biodiesel di dalam negeri akan berdampak pada berkurangnya impor solar. Hal ini bisa menghemat devisa negara hingga Rp56 triliun pada tahun 2021.

Biodiesel merupakan salah satu produk turunan hasil pengolahan bahan baku minyak sawit mentah (Crude Palm Oil/CPO). Produksi CPO di Indonesia yang begitu melimpah, diharapkan dapat diolah, menjadi biodiesel.

Dengan begitu, Indonesia dapat memperkuat ketahanan energi dengan menekan impor bahan bakar. Potensi produksi CPO di Indonesia, kata Jokowi, bisa mencapai 52 juta ton per tahun. Proses hilirisasi CPO ke biodiesel juga akan membutuhkan pemasok dan industri lain sehingga akan membuka banyak lapangan kerja. 

Baca juga  Kapolri Perintahkan Berantas Pinjol Ilegal

Jokowi mengatakan, pembukaan lapangan kerja dalam hilirisasi sumber daya alam (SDA) merupakan tujuan penting untuk menciptakan manfaat ekonomi bagi masyarakat.

Tinggalkan Komentar