Erick Thohir Genjot BUMN Tingkatkan Setoran ke Negara

Erick Thohir Genjot BUMN Tingkatkan Setoran ke Negara - inilah.com
Menteri BUMN Erick Thohir bersama Presiden Jokowi di kawasan PT Krakatau Steel, Cilegon (Instagram.com/erickthohir)

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir meminta perusahaan pelat merah untuk terus meningkatkan setoran ke negara.

Erick menuturkan, pada tahun 2020, BUMN mampu menyetorkan penerimaan ke negara mencapai Rp375 triliun. Setoran itu terdiri dari dividen, pajak, dan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). 

“Kalau dilihat rekam jejak 10 tahun terakhir, saya rasa angkanya Rp3.295 triliun, ini sangat signifikan,” kata Erick secara virtual, Selasa (28/9/2021).

Dia mengupayakan pada tahun ini terjadi peningkatan setoran ke negara. Anggota Komite Olimpiade International itu berjanji akan menggenjot para direksi BUMN untuk meningkatkan kinerja sehingga pemasukan ke negara terus meningkat.

“Pemerintah memerlukan dana untuk bantu rakyat yang kesulitan, atau investasi pasca COVID-19,” ujar Erick. 

Tahun ini, setoran deviden dari BUMN ke negara ditargetkan sebesar Rp37 triliun, naik dibandingkan tahun 2020 sebesar Rp43 triliun. 

Anggota Dewan Pusat Basketball International Federation (FIBA) itu juga akan terus mendorong transformasi BUMN. Melalui transformasi tersebut, Erick berharap BUMN memberi kontribusi nyata bagi negara dan masyarakat.

“Jadi ini momentum yang bagus untuk kita semua, justru mengantisipasi perubahan yang terjadi tentu karena COVID-19 dan juga pasca COVID-19,” kata Erick. 

Sejak melakukan transformasi di BUMN, mantan bos klub Inter Milan itu telah merampingkan 108 BUMN menjadi 41 BUMN saja melalui holding. Erick ingin usaha negara berjalan dengan cepat dan efektif. Pada era pandemi ini, Erick juga meminta BUMN terus berinovasi dan kreatif.

“Tentu ini diskusi juga dengan banyak pihak profesional, justru ini eranya kita juga menyerang. Jadi jangan hanya bertahan saja,” tandasnya.

Baca juga  Di Tengah Kabar Menurun-nya Kondisi Kesehatan OSO, Gede Pasek Mundur dari Sekjen Hanura

Tinggalkan Komentar