Erick Thohir Pede Pendapatan Freeport Tahun Ini Capai Rp105 Triliun

Erick Thohir Pede Pendapatan Freeport Tahun Ini Capai Rp105 Triliun - inilah.com
Groundbreaking pabrik smelter Freeport Indonesia di Gresik, Selasa (12/10/2021).

Menteri Badan Usaha Milik Negera (BUMN) Erick Thohir percaya diri (pede) keuntungan PT Freeport Indonesia tahun ini bisa mencapai Rp105 Triliun. Erick mengungkapkan pertumbuhan pendapatan PT Freeport Indonesia mengalami peningkatan hampir 100 persen dari pendapatan tahun lalu sebesar Rp50 triliun.

“Lalu juga keuntungan bersih yang tahun kemarin itu Rp10 triliun, direncanakan sampai Desember Rp40 triliun,” kata Erick saat mendampingi Presiden Jokowi dalam peletakan batu pertama pembangunan smelter PT Freeport Indonesia di kawasan ekonomi khusus (KEK) Gresik, Jawa Timur, Selasa (12/10/2021).

Mantan pemilik klub Inter Milan itu menambahkan, peningkatan pendapatan dan laba PT Freeport Indonesia dipicu karena adanya peningkatan kapasitas produksi dan kenaikan harga komoditas tembaga.

Baca juga  Banyak Orang Tarik Tabungan, Kata LPS Ekonomi Sebentar Lagi Pulih

“Ini tentu terjadi karena peningkatan kapasitas dari produksi Freeport sendiri dan juga kenaikan dari harga komoditas dan terus juga dilakukan efisiensi,” ujar Erick.

Dia mengaku sejak pemerintah mengambil alih 51 persen saham PT Freeport Indonesia pada 21 Desember 2018, memang terjadi perbaikan pendapatan dan laba perusahaan.

“Alhamdulillah setelah Republik Indonesia, sesuai dengan arahan bapak Presiden, mengambil 51 persen saham Freeport, hari ini kita bisa pastikan kinerja dan inovasi dan transformasi yang ada di PT Freeport terus berlangsung,” tandas Erick.

Sebelumnya Erick juga menyampaikan, tahun 2022 mendatang PT Freeport Indonesia akan menggarap 5G Mining bekerja sama dengan PT Telkom Indonesia.

Baca juga  Erick Thohir Dampingi Jokowi Resmikan Pabrik Biodiesel di Kalimantan Selatan

Layanan 5G Mining akan meningkatkan konektivitas integrasi hyper connected network. Teknologi tersebut juga akan menghadirkan kendaraan atau truk-truk besar otonom.

Tinggalkan Komentar