Erick Thohir: Selamat Hari Radio Nasional

Erick Thohir: Selamat Hari Radio Nasional - inilah.com
Menteri BUMN Erick Thohir mengucapkan Selamat Hari Radio Nasional. instagram.com/erickthohir

Menteri BUMN Erick Thohir mengucapkan Selamat Hari Radio Nasional yang diperingati setiap tanggal 11 September.

Ucapan itu disampaikan Erick dalam akun Instagram-nya @erickthohir, Sabtu (11/9/2021). 

Sambil mendengarkan radio Gen FM, Erick mengaku menikmati musik yang disuguhkan radio sembari masih bekerja di dalam mobil.

“Di mobil, sembari kerja, dengarkan radio favoritnya, lagunya juga Indonesia, masih top. Selamat Hari Radio Nasional,” kata Erick.

Sedikit mengulas Hari Radio Nasional juga tidak lepas dari berdirinya Radio Republik Indonesia (RRI) pada 11 September 1945.

Radio pertama kali di Indonesia ada sejak masa penjajahan Belanda. Ketika itu berdiri Bataviaasche Radio Vereeniging (BRV) atau Batavia Radio Society pada 16 Juni 1925, tepat 29 tahun setelah pertama kali teknologi radio ditemukan oleh Guglielmo Marconi pada tahun 1896.

Saat penjajahan Jepang, BRV pun diambil alih dan diubah menjadi alat propaganda Jepang dengan satu komando Hoso Kanri Kyoku, yang berpusat di Jakarta. Radio ini juga memiliki cabang di Bandung, Purwokerto, Yogyakarta, Surakarta, Semarang, Surabaya, dan Malang, dengan nama Hoso Kyoku

Saat Jepang menyerah pada sekutu karena bom atom di Hiroshima dan Nagasaki, siaran radio Jepang itu otomatis berhenti pada 19 Agustus 1945. Pada saat inilah orang Indonesia mulai mengelola secara mandiri radio milik sendiri. 

Menyadari pentingnya radio, tokoh Indonesia yang terlibat dalam radio masa pendudukan Jepang seperti Abdulrahman Saleh, Adang Kadarusman, Soehardi, Soetarji Hardjolukita, Soemarmadi, Sudomomarto, Harto, dan Maladi, mengadakan rapat di bekas gedung Raad Van Indje Pejambon pada 11 September 1945. 

Baca juga  KAI Tambah Daftar Profesi yang Bisa Naik Kereta Gratis

Dalam pertemuan itu mereka menghasilkan kesepakatan mendirikan stasiun radio milik bangsa Indonesia, dan berdirilah Radio Republik Indonesia atau RRI. Momen ini juga dijadikan sebagai Hari Radio Nasional.

Tinggalkan Komentar