Erick Thohir Targetkan BSI Lebarkan Sayap ke Mancanegara

Erick Thohir Targetkan BSI Lebarkan Sayap ke Mancanegara    - inilah.com
Menteri BUMN Erick Thohir bersama Presiden Jokowi saat peresmian Hot Strip Mill 2 PT Krakatau Steel (Tbk). ins/erickthohir

Menteri BUMN Erick Thohir menargetkan dalam lima tahun ke depan Bank Syariah Indonesia (BSI) bisa berekspansi ke berbagai negara. Anggota Komite Olimpiade Internasional itu ingin, BSI berkiprah secara global.

Hal itu disampaikan Erick dalam sambutannya saat peresmian pabrik baja Hot Strip Mill 2, milik PT Krakatau Steel (Tbk) oleh Presiden Jokowi di Kawasan Industri PT Krakatau Steel di Cilegon, Selasa (21/9/2021).

“Kita ingin juga dalam lima tahun ke depan, Bank Syariah Indonesia bisa menjadi footprint Indonesia di berbagai negara, seperti Arab Saudi, ataupun beberapa negara seperti Uni Emirat Arab. Supaya kita juga secara global memiliki bank syariah,” kata Erick.

BSI merupakan penggabungan dari tiga bank Himbara yakni Bank Rakyat Indonesia Syariah, Bank Mandiri Syariah, dan Bank BNI Syariah. Erick pun juga melakukan transformasi di perusahaan plat merah ini.

“Alhamdulillah di bawah kepemimpinan Bapak Presiden RI Joko Widodo, Indonesia memiliki bank syariah yang masuk 10 besar dari bank di Indonesia,” ujar Erick.

Erick menambahkan, secara kinerja pertumbuhan pendanaan syariah saat ini lebih baik daripada bank konvensional.

“Ini juga meyakinkan bagaimana BSI juga bisa bermanfaat sebagai alternatif keuangan syariah untuk masyarakat Indonesia yang membutuhkan,” kata Erick.

Transformasi BUMN yang dilakukan Erick merupakan arahan dari Presiden Jokowi. Selain melakukan perubahan kinerja, Erick juga menginginkan BUMN memberikan manfaat nyata bagi masyakarat. 

Melalui transformasi BUMN, Erick juga merampingkan 108 BUMN menjadi 41 BUMN melalui holding. Dengan holding tersebut kinerja BUMN diharapkan semakin meningkat.

“Tahun 2020 kami memberikan keuntungan Rp375 triliun untuk negara dan secara bertahap akan terus kita tingkatkan,” tandas mantan bos klub Inter Milan tersebut.

Baca juga  Erick Thohir Jadi Anggota Kehormatan Banser

Tinggalkan Komentar