Senin, 27 Juni 2022
27 Dzul Qa'dah 1443

Evaluasi Kualitas Udara, Pemkot Jaksel Gelar Uji Emisi Gratis di Kalibata

Selasa, 21 Jun 2022 - 22:50 WIB
Penulis : Aria Triyudha
Img 20220621 Wa0045 - inilah.com
Camat Pancoran Alamsyah saat melakukan uji emisi terhadap salah satu kendaraan roda empat di seberang TMP Kalibata, Pancoran, Jaksel, Selasa (21/6/2022). Foto: Istimewa

Pemerintah Kota Jakarta Selatan (Pemkot Jaksel) menggelar uji emisi gratis bagi kendaraan roda empat berbahan bakar bensin dan solar di kawasan seberang Taman Makam Pahlawan Kalibata, Duren Tiga, Kecamatan Pancoran, Selasa (21/6/2022). Uji emisi tanpa biaya ini antara lain sebagai evaluasi kualitas udara perkotaan.

“Tujuannya untuk mengendalikan pencemaran emisi sumber bergerak. Lewat implementasi kebijakan terkait pengendalian pencemaran udara secara terkoordinasi dan terpadu,” kata Camat Pancoran, Alamsyah di lokasi.

Uji emisi gratis ini digelar selama tiga hari hingga Kamis (23/6/2022). Hasilnya akan diinput ke dalam sistem aplikasi e-ujiemisi.

Sementara, Subkoordinator pemulihan pencemaran Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Tiana Brotoaji mengatakan, kegiatan  tersebut merupakan upaya pengendalian pencemaran udara dari sektor transportasi. Sebab, sektor transportasi ini menyumbang sekitar 70 persen dari pencemaran udara di Jakarta.

Baca juga
Foto: Mulai 13 November Kendaraan Tak Lulus Uji Emisi Bisa Ditilang dan Denda Hingga 500 Ribu

“Dengan adanya uji emisi ini masyarakat sadar bahwa ini adalah kebutuhan. Sehingga kita tahu (kondisi) kendaraan kita,” imbuh Tiana.

Tinggalkan Komentar