Minggu, 04 Desember 2022
10 Jumadil Awwal 1444

F1: Tampil Dominan, Verstappen Juarai GP Italia

Senin, 12 Sep 2022 - 02:34 WIB
Verstappen Italia
(foto: motorsport.com)

Pebalap Red Bull Racing Max Verstappen keluar sebagai pemenang di balapan Formula 1 Grand Prix Italia 2022.

Verstappen menunjukkan mental juaranya pada balapan yang berlangsung di Sirkuit Monza, Minggu (11/9/2022). Meski sempat kena penalti dengan start dari urutan ketujuh, pebalap asal Belanda itu langsung memulihkan diri hanya dalam lima lap awal.

Dia pun mendominasi sepanjang balapan usai melewati Charles Leclerc yang sempat memimpin di urutan pertama. Adapun posisi kedua didapatkan oleh Leclerc dan George Russel di urutan ketiga melengkapi podium.

Hasil ini membuat Verstappen meraih kemenangan kelima secara beruntun. Dia tidak terbendung menjadi juara seri di Prancis, Hongaria, Belgia, Belanda, dan kini Italia.

Verstappen menjadi pembalap pertama setelah Lewis Hamilton yang mengukir catatan tersebut. Hamilton melakukan pada periode Oktober-November 2020 lalu.

Verstappen Italia

Jalannya balapan

Verstappen membuat penampilan gemilang meski harus memulai balapan dari urutan ketujuh. Hanya dalam tempo lima putaran, sang juara dunia bertahan itu berhasil naik lima posisi dan melesat mengejar Leclerc yang memimpin balapan sejak start.

Baca juga
Masalah pada Rem, Mercedes-Benz Recall Hampir 300.000 Unit Mobil

Memasuki lap ke-12, kecelakaan terjadi kepada Sebastian Vettel yang menyebabkan yellow flag keluar. Kondisi tersebut dimanfaatkan Leclerc masuk garasi untuk mengganti ban mobil balap miliknya.

Meski demikian, Verstappen dan Russel yang secara berurutan di posisi kedua dan ketiga tak memasuki pit stop. Kedua pembalap lalu menggantikan posisi Leclerc di depan dengan Verstappen memimpin balapan.

Sementara itu kejutan datang dari Carlos Sainz Jr. Memulai balapan dari barisan belakang, secara perlahan dia bisa memulihkan posisinya ke depan. Sainz berhasil menembus ke depan dan berada di belakang rekan satu timnya, Leclerc, di posisi keempat.

Masuk lap ke-24, posisi Verstappen turun satu setrip usai melakukan pergantian ban. Posisinya diambil alih oleh Leclerc.

Verstappen kemudian memimpin balapan lagi pada lap ke-38. Dia melesat usai Leclerc masuk pit untuk yang kedua kalinya.

Baca juga
Foto: Pengunjung Padati Gelaran Otomotif IMOS 2022 Hari Terakhir

Menyisakan 10 lap tersisa, Nyck De Vries merangsek ke urutan 10 menempel Pierre Gasly di depan. Adapun posisi terdepan masih dikuasai Verstappen dengan Leclerc mengintai dari urutan kedua.

Sedangkan tiga pembalap tersisa secara berurutan ke belakang di lima besar adalah Russel, Sainz, dan Hamilton.

Daniel Ricciardo lalu mengalami masalah pada mesin di lima lap terakhir. Posisinya yang beraada di urutan ketujuh langsung merosot ke belakang.

Situasi ini membuat De Vries naik satu posisi lagi dengan berada di peringkat sembilan dengan masih menempel Gasly di depan.

Hasil balapan di Monza membuat posisi Verstappen di puncak klasemen pebalap semakin kokoh dengan total raihan 335 poin. Adapun Leclerc berada di urutan kedua klasemen dengan 219 poin dan Perez di tempat ketiga dengan raihan 210 poin.

Berikut hasil lengkap balapan F1 GP Italia 2022:

1. Max Verstappen (Red Bull)
2. Charles Leclerc (Ferrari)
3. George Russell (Mercedes)
4. Carlos Sainz Jr (Ferrari)
5. Lewis Hamilton (Mercedes)
6. Sergio Perez (Red Bull)
7. Lando Norris (McLaren)
8. Pierre Gasly (AlphaTauri)
9. Nyck De Vries (Williams)
10. Guanyu Zhou (Alfa Romeo)
11. Esteban Ocon (Alpine)
12. Mick Schumacher (Haas)
13. Valtteri Bottas (Alfa Romeo)
14. Yuki Tsunoda (AlphaTauri)
15. Nicholas Latifi (Williams)
16. Kevin Magnussen (Haas)

Baca juga
Formula 1 GP Belgia: Max Verstappen Rebut Pole Position

DNF (gagal finis)
17. Daniel Ricciardo (McLaren)
18. Lance Stroll (Aston Martin)
19. Fernando Alonso (Alpine)
20. Sebastian Vettel (Aston Martin)

Tinggalkan Komentar