Facebook Luncurkan Kacamata Pintar, Harga Rp4,3 Juta

Facebook Luncurkan Kacamata Pintar, Harga Rp4,3 Juta - inilah.com

Facebook meluncurkan kacamata pintar pertama mereka yang memungkinkan penggunanya mendengarkan musik, menerima panggilan, mengambil foto dan video pendek, lalu membagikannya di seluruh layanan Facebook menggunakan aplikasi pendamping.

Bekerja sama dengan EssilorLuxottica, perusahaan induk Ray-Ban, kacamata pintar besutan Facebook ini dijual dengan harga mulai dari US$299 atau sekitar Rp4,3 juta.

“Kami sudah lama percaya bahwa kacamata akan menjadi bagian penting dalam membangun platform komputasi berikutnya,” kata CEO Facebook Mark Zuckerberg seperti dilansir Reuters, Jumat (10/9/2021).

Meski kacamata pintar ini dapat merekam foto dan video pendek, Facebook menyebut mereka tidak akan mengambil konten yang diambil menggunakan kacamata dan disimpan di aplikasi Facebook View untuk mempersonalisasi iklan.

Baca juga  David Marcus Mengundurkan Diri dari Bos Eksekutif Facebook Meta

Mereka juga memastikan bahwa kacamata pintar itu akan menawarkan pengalaman yang bebas iklan.

Selain itu, kacamata pintar tersebut memiliki asisten virtual opsional sehingga foto dan video dapat diambil secara handsfree melalui perintah suara.

Untuk mencegah penyalahgunaan privasi, Facebook melengkapi kacamata pintarnya ini dengan lampu LED yang akan muncul saat kamera menyala, untuk membuat orang lain sadar saat pemakainya sedang mengambil foto atau video.

Facebook juga akan menerbitkan panduan dalam menggunakan kacamata seperti mematikannya di ruang pribadi dan tidak menggunakannya untuk tindakan ilegal seperti pelecehan atau menangkap informasi sensitif seperti kode PIN.

Baca juga  Lionel Messi Ukir Rekor Jadi Raja Gol di Amerika Selatan, Kalahkan Legenda Brasil

Saat ini, Facebook telah banyak berinvestasi dalam virtual reality (VR) dan augmented reality (AR), mengembangkan perangkat keras seperti headset Oculus VR dan mengerjakan gelang atau wristband untuk mengontrol kacamata augmented reality.

Tahun lalu, raksasa media sosial asal AS ini mengatakan mereka butuh waktu lima hingga 10 tahun lagi untuk terjun ke pasar kacamata AR.

Perusahaan teknologi besar termasuk Amazon, Google Alphabet, Microsoft, Apple, dan Snap, juga telah berlomba-lomba untuk mengembangkan berbagai produk kacamata pintar.

Tinggalkan Komentar