Rabu, 17 Agustus 2022
19 Muharram 1444

Fasilitas Bea Cukai Dukung Kemeriahan Kompetisi Motor Cross Grand Prix of Indonesia Seri Ke-12

Kamis, 30 Jun 2022 - 20:01 WIB
bea cukai
Bea Cukai berkontribusi dalam kesuksesan Motor Cross Grand Prix (MXGP) of Indonesia seri ke-12

Bea Cukai ikut berkontribusi dalam kesuksesan Motor Cross Grand Prix (MXGP) of Indonesia seri ke-12. Kompetisi motor cross paling bergengsi tersebut telah diselenggarakan di Rocket Sirkuit Sumbawa, Nusa Tenggara Barat pada 24-26 Juni lalu.

Bea Cukai Sumbawa bersama dengan Bea Cukai Soekarno Hatta dukung perhelatan MXGP of Indonesia dengan memberikan fasilitas impor sementara menggunakan ATA Carnet dan pemeriksaan fisik di luar kawasan pabean atas barang-barang kebutuhan perlombaan.

Kepala Kantor Bea Cukai Sumbawa, Agustyan Umardani, mengungkapkan terkait fasilitas ATA Carnet yang diatur dalam peraturan Menteri Keuangan nomor PMK 228/PMK.04/2014, “ATA Carnet merupakan dokumen kepabeanan internasional yang juga berlaku sebagai jaminan atas bea masuk dan pajak dalam rangka impor. ATA Carnet memiliki prinsip seperti sebuah paspor yang dapat digunakan untuk pemasukkan dan pengeluaran barangnya menggunakan dokumen ATA Carnet yang sama”.

Baca juga
Lewat Program CVC, Bea Cukai Jalin Kedekatan dengan Para Penggeran Ekonomi Nasional

Pada Minggu 26 Juni 2022 lalu, setelah kompetisi selesai digelar, Bea Cukai melaksanakan pemeriksaan fisik atas seluruh barang kebutuhan MXGP yang telah selesai digunakan. “Pemeriksaan dilakukan bersama dengan masing-masing tim pembalap dan perwakilan dari importir. Setelah selesai dilakukan pemeriksaan, seluruh barang dilekati tanda pengaman sebelum akhirnya dikirim ke Jakarta untuk kemudian diekspor kembali,” tambah Agustyan.

Dukungan dan fasilitas yang diberikan oleh Bea Cukai Sumbawa dalam penyelenggaraan MXGP ke-12 ini merupakan implementasi dari fungsi Bea Cukai selaku trade facilitator. Diharapkan dengan acara sejenis ke depannya dapat meningkatkan perekonomian di Sumbawa lewat dukungan terhadap UMKM di wilayah tersebut.

Tinggalkan Komentar