Rabu, 29 Juni 2022
29 1444

Federico Gatti, Kuli Bangunan yang Tembus Skuad Timnas Italia

Senin, 13 Jun 2022 - 11:18 WIB
Federico Gatti, Kuli Bangunan yang Tembus Skuad Timnas Italia
Federico Gatti saat membela Timnas Italia di UEFA Nations League

Federico Gatti sukses menjalankan debutnya bersama Timnas Italia kontra Inggris dalam lanjutan UEFA Nations League, Minggu (12/6/2022) malam.

Gatti yang berposisi sebagai bek tengah itu sukses menjaga gawang Gli Azzurri dari kebobolan hingga memaksa laga berkesudahan 0-0.

Hasil itu membuat Italia masih nyaman di puncak klasemen Grup A3 UEFA Nations League dengan torehan 5 poin dari 3 pertandingan.

Cerita kehebatan Gatti bukan hanya penampilannya bersama Gli Azzurri, tapi kisah hidupnya bisa jadi inspirasi. Sebelum jadi benteng Timnas Italia, berseragam Juventus seperti sekarang, Gatti benar-benar berjuang keras hingga harus bekerja serabutan, sembari tetap membela klub amatir di Italia.

Dilansir dari Football Italia, Senin (13/6/2022), Federico Gatti lahir di Rivoli pada 24 Juni 1998. Karier sepak bolanya dimulai dari klub amatir bernama Eccellenza di divisi lima Liga Italia. Karena masih di tataran amatir, dia harus memikirkan cara lain untuk menyambung hidup.

Baca juga
Tak Lagi Gagah, Koboi Pondok Indah Diborgol dan Terancam Setahun Bui

Gatti rela membantu ayahnya sebagai seorang kuli bangunan. Sang ayah diketahui sempat tidak bekerja alias menjadi pengangguran. Pekerjaan sebagai kuli bangunan rela dia tekuni demi membantu perekonomian keluarga.

Gatti super sibuk di tengah kecintaannya dengan sepak bola. Paginya dia bekerja, sorenya berlatih hingga malam. “Apakah bekerja di konstruksi sulit? Sangat. Saya bekerja sebagai kuli bangunan, tukang jendela dan memperbaiki atap,” ujar Gatti pada awal Januari 2022 lalu, dikutip dari IFTV.

“Saya bangun pagi bahkan saat cuaca dingin. Sulit tapi penuh perjuangan,” katanya lagi.

Berkat semangat pantang menyerahnya di dalam dan di luar lapangan, Gatti berkesempatan merubah nasibnya dan keluarga.

Baca juga
Agen Isyaratkan Paul Pogba Akan Hengkang dari MU

Gatti diikat kontrak profesional oleh Juventus pada bursa transfer musim dingin 2022 dari Frosinone dengan tebusan 7,5 juta euro. Tak langsung membela Juventus, Gatti dipinjamkan dulu ke klub asalnya itu. Sepanjang musim 2021/2022 dia tampil 36 laga dengan sumbangan lima gol.

Kehidupan Gatti jauh dari kata glamor layaknya pemain dunia. Mengintip dari akun Instagram pribadinya, Gatti tak menunjukkan hedon gemerlap hidup bintang sepak bola dunia. Postingan di IG-nya juga hanya 26 saja, semuanya tentang sepak bola, dan satu postingan bersama keluarga tercintanya.

Kini, Gatti tak perlu lagi bekerja sebagai kuli untuk menghidupi keluarganya. Berkat permaiannya yang lugas dan disiplin, Gatti bahkan digadang-gadang sebagai the next Giorgio Chiellini di lini belakang Gli Azzurri.

Tinggalkan Komentar