Fenomena Aneh di Surabaya, Tanda Pandemi Tak Mungkin Hilang?

Fenomena Aneh di Surabaya, Tanda Pandemi Tak Mungkin Hilang? - inilah.com

Kabar pekembangan kasus Covid-19 yang melandai, terselip fenomena aneh di tengah pandemi. Yakni salah satu pasien yang sedang dirawat di Rumah Sakit Lapangan Indrapura (RSLI) Surabaya, dikabarkan memiliki CT value yang sangat rendah, yakni 1,8.

Rendahnya nilai CT value itu dikhawatirkan sebagai tanda-tanda infeksi Corona mutasi baru. Temuan itu masih ditindak lanjuti oleh dokter di RSLI. 

CT value adalah istilah untuk mengukur jumlah partikel virus dalam tubuh pasien. Tingkat kemampuan seseorang dalam menularkan virus juga dapat dinilai dari CT value. 

Semakin tinggi nilai CT makin rendah kemungkinan seorang pasien menyebarkan virus yang dapat menginfeksi. Bila semakin rendah CT value seseorang, pasien tersebut makin infeksius.

Pandemi Tak Mungkin Hilang

Terpisah, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta masyarakat untuk mempersiapkan transisi dari pandemi menjadi endemi. Sebab mustahil Covid-19 akan hilang begitu saja dari Indonesia. 

Perluasan vaksinasi juga penting untuk mengendalikan penyebaran Covid-19. Mengingat virus Corona tidak akan hilang begitu saja dari Indonesia.

“Karena kita tahu bahwa Covid-19 ini tidak mungkin hilang,” kata Kepala Negara saat jumpa pers yang disiarkan YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (10/9/2021).

Baca juga  Masyarakat Patuh jadi Kunci Atasi Gelombang Kedua

Tinggalkan Komentar