Fenomena Atmosfer, Waspadai Banjir di Jakarta

Fenomena Atmosfer, Waspadai Banjir di Jakarta - inilah.com

Warga yang tinggal di DKI Jakarta diminta untuk mewaspadai curah hujan yang akan mengguyur selama satu pekan ke depan yakni 14-20 September 2021.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi tingginya curah hujan di Jakarta dapat mengakibatkan banjir di beberapa titik.

“Potensi dampak bencana hidrometeorologi berupa banjir, banjir bandang dan atau tanah longsor,” kata Guswanto, Deputi Bidang Meteorologi BMKG.

Menurutnya, ini disebabkan oleh fenomena Madden Julian Oscillation (MJO), Gelombang Rossby Ekuatorial, dan Gelombang Kelvin. Fenomena itu disebut dinamika atmosfer yang terpantau aktif hingga satu pekan ke depan.

Fenomena ini juga mengindikasikan adanya potensi pertumbuhan awan hujan dalam skala yang luas di sekitar wilayah yang dilewatinya.

Baca juga  Segepok Uang Mahar Ketika Pria Arab Menikah Siri dengan Sarah

Tak hanya wilayah DKI Jakarta, wilayah lain yang juga harus mewaspadai dampak banjir yakni Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Potensi banjir disebabkan tingginya curah hujan yang juga terjadi di beberapa wilayah Indonesia. Di antaranya Aceh, Sumatera Utara, Bengkulu, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, Yogyakarta, Bali, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimatan Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Maluku, Papua Barat dan Papua.

Tinggalkan Komentar