Sabtu, 01 Oktober 2022
05 Rabi'ul Awwal 1444

Ferdy Sambo Belum Dicopot Rugikan Polri

Jumat, 15 Jul 2022 - 21:00 WIB
0715 074237 5ae4 Inilah.com  - inilah.com
Legislator mengingatkan status aktif Ferdy Sambo di tengah kemelut tewasnya Brigadir J merugikan citra Polri

Anggota Komisi III DPR RI, Trimedya Panjaitan, kembali bersuara menyikapi penanganan kasus tewasnya Brigadir J yang menyeret Kadiv Propam Irjen Ferdy Sambo. Menurut Trimed, Irjen Sambo seharusnya dicopot atau nonaktif sementara untuk memuluskan pengungkapan kasus oleh tim gabungan khusus (timsus).

Politisi PDIP ini menilai, status Ferdy Sambo, di tengah sengkarut tewasnya anggota polisi di rumah dinas yang bersangkutan merugikan citra atau kredibiltas Polri yang sekarang ini mendapat sorotan tajam dari publik. Apabila Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo tidak mau terburu-buru mencopot Jenderal Sambo, dia khawatir penilaian masyarakat terhadap Korps Bhayangkara semakin negatif.

Baca juga
Timsus Polri Pasang Alat Khusus di Rumah Irjen Ferdy Sambo

“(Pencopotan) ini bagaimana meningkatkan kepercayaan masyarakat begitu,” kata Trimed di Jakarta, Jumat (15/7/2022).

Trimed mengakui pencopotan Ferdy Sambo merupakan solusi tepat untuk mempermudah pengungkapan kasus tewasnya Brigadir J yang sudah sepekan terjadi namun hingga kini belum menemui titik terang. Malahan Polri diledek, karena timsus yang dibentuk Kapolri Sigit juga tidak memiliki perkembangan signifikan.

“Dari beberapa hari yang lalu sudah mengusulkan hal itu (penonaktifan Ferdy Sambo),” tuturnya.

Dia mengingatkan Ferdy Sambo potensi menjadi saksi dalam kasus tewasnya anak buah di rumah dinas. Bukan sebatas istri, Putri Ferdy Sambo, maupun Brigadir E atau RE yang disebut pelaku penembakan rekannya sesama polisi hingga tewas. Atas dasar ini sepatutnya Kapolri memberhentikan Sambo untuk memudah pemeriksaan.

Baca juga
Komisi III DPR Duga Brigadir J Difitnah

“Istrinya diperiksa, ya, tentu jabatan beliau sebagai Kadiv Propam Polri memang biasa memeriksa orang sekarang diperiksa,” katanya.

 

Tinggalkan Komentar