Senin, 15 Agustus 2022
17 Muharram 1444

Fintech Lending Days jadi Sarana Edukasi UMKM tak Terjerat Pinjol

Rabu, 15 Des 2021 - 23:53 WIB
Penulis : Ajat M Fajar
Img 20211215 Wa0025 - inilah.com
Img 20211215 Wa0025

Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak edukasi tentang financial technology (fintech) sangat penting bagi masyarakat khususnya kalangan UMKM agar tidak terjerat dengan pinjaman online ilegal.

“Kami berterimakasih kepada AFPI dan OJK karena telah memilih Malang sebagai tempat roadshow-nya untuk memperkenalkan fintech lending yang benar, bukan pinjol ilegal yang cara kerjanya dengan diteror dan memberi bunga yang nggak masuk akal, tapi kalo ini kan sebenarnya untuk UMKM untuk keperluan usaha,” ungkap Emil dalam siaran persnya diterima, Rabu (15/12/2021).

Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) yang didukung penuh oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menggelar acara sosialisasi Fintech Lending Days 2021 di Kota Malang.

Acara yang merupakan rangkaian dari kegiatan Bulan Fintech Nasional ini, diselenggarakan selama dua hari dan turut dihadiri oleh Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak.

Melalui acara ini, AFPI memberikan edukasi mengenai alternatif sumber pembiayaan usaha kepada pelaku UMKM dalam rangka mendukung penuh perkembangan industri UMKM yang ada di Kota Malang.

Baca juga
Ajak Kolaborasi Banyak Pihak, Menko Airlangga Ingin UMKM Cepat Naik Kelas

Hadirnya produk fintech lending di tengah masyarakat diharapkan mampu membawa nilai positif. Tidak hanya kemudahan akses yang ditawarkan, melainkan pada semakin beragamnya limit yang ditawarkan dan data disesuaikan dengan kebutuhan, baik saat memulai usaha baru ataupun mengembangkan usaha yang sudah dimiliki.

Tris Yulianta selaku Direktur Pengaturan, Perizinan dan Pengawasan Fintech OJK, menyatakan bahwa Fintech Lending Days adalah bentuk komitmen OJK dan AFPI dalam meningkatkan inklusi dan literasi keuangan digital di kalangan UMKM yang menjadi motor pendorong roda perekonomian daerah, khususnya di Malang sebagai salah satu pusat perekonomian UMKM.

Kota Malang diharapkan dapat menjadi lokomotif UMKM digital, dengan hadirnya teknologi fintech lending, pelaku usaha dapat lebih mudah dalam memulai bisnis baru.

Baca juga
Inovasi Iklan Pintar Jadi Solusi Promosi Brand Lewat Ribuan Warung

Selain itu, Pemprov Jawa Timur juga mengungkapkan bahwa keberadaan fintech lending dapat bersinergi dengan maksimal melalui wadah pemasaran digital yang telah dibentuk oleh pemerintah setempat, Millennial Job Center.

Hari pertama pelaksanaan Fintech Lending Days dimulai dengan kunjungan ke lokasi UMKM yang berada di Kota Malang dan disambut dengan positif oleh pelaku UMKM setempat. Pada hari berikutnya diadakan talkshow dan pameran dari beberapa perusahaan fintech lending.

Salah satu pelaku usaha di industri Fintech Lending, Ringan turut mendukung penuh acara Fintech Days 2021 dengan berpatisipasi dalam mengenalkan industri Fintech Lending legal kepada para peserta.

Yudhono Rawis selaku CEO dari Ringan mengungkapkan ini adalah bentuk komitmen kami (Ringan) kepada pemerintah dan masyarakat Indonesia untuk berkontribusi dalam mengenalkan produk alternatif pemberian pinjaman dan modal secara digital yang dapat membantu masyarakat luas dalam menciptakan peluang bisnis baru.

Baca juga
Ketum PP Aisyiyah Dorong Perempuan Jadi Lokomotif Ekonomi Keluarga

“Sehingga inklusi keuangan yang merata dapat terjadi di Indonesia,” katanya.

Acara ini diharapkan dapat menjadi agenda rutin yang dapat dilaksanakan setiap tahunnya, tidak hanya di Jawa Timur melainkan di seluruh wilayah Indonesia. pasalnya di Indonesia menurut data dari Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah terdapat 64,2 juta populasi pelaku UMKM dengan kontribusi terhadap nilai Produk Domestik Bruto sebesar 61,07 persen atau senilai Rp8,573,89 triliun.

Tinggalkan Komentar