Firli: Banyak Pejabat Sembunyikan Harta, 95 Persen LHKPN tak Jujur

Firli: Banyak Pejabat Sembunyikan Harta, 95 Persen LHKPN tak Jujur - inilah.com
ist

Ketua KPK Firli Bahuri mengatakan, banyak pejabat yang menyembunyikan hartanya. Bahkan 95 persen laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) tidak akurat.

“Ketidakpatuhan baru satu masalah. KPK juga sudah mengungkapkan 95% data LHKPN tidak akurat. Banyak penyelenggara negara tidak jujur melaporkan harta kekayaan mereka. Mulai tanah, bangunan, rekening bank, sampai investasi lain, ada saja yang mereka sembunyikan,” kata Firli dalam cuitan di Twitter-nya @firlibahuri, Rabu (10/11/2021).

Firli mengungkapkan, belum ada sanksi bagi seorang pejabat negara yang tidak jujur dalam melapor LHKPN.

“Sayangnya, belum ada pengaturan penjatuhan sanksi tegas bagi penyelenggara negara yang tidak patuh menyampaikan LHKPN. Demikian pula sanksi bagi mereka yang menyembunyikan kekayaan. Untuk memperbaikinya, tidak ada gunanya menantikan kesadaran seluruh penyelenggara negara!” tutur Firli.

Baca juga  Foto: KPK Sita Uang Rp1,77 Miliar dari OTT Bupati Musi Banyuasin

Firli pun meminta DPR untuk membuat peraturan sanksi bagi pejabat negara yang tak patuh melapor harta kekayaan.

“Oleh karena itu, kita mendesak @DPR_RI dan pemerintah menggodok aturan sanksi yang dapat memaksa penyelenggara negara patuh melaporkan kekayaan. Ketentuan itu dimasukkan dengan merevisi UU Nomor 28 Tahun 1999. Pasalnya, undang-undang tersebut hanya mengatur sanksi administratif bagi pejabat yang mangkir melapor kekayaan. Sudah saatnya pula menghadirkan aturan pembuktian terbalik bagi penyelenggara negara,” tandas Firli.

Tinggalkan Komentar