Sabtu, 03 Desember 2022
09 Jumadil Awwal 1444

Firli: Tidak Ada yang Spesial dari Pemeriksaan Anies, Biasa Saja

Rabu, 07 Sep 2022 - 20:24 WIB
OTT kpk Firli Bahuri - inilah.com
Ketua KPK Firli Bahuri - (Foto: Antara)

Ketua KPK Firli Bahuri menyatakan tidak ada yang istimewa dari pemeriksaan yang dilakukan terhadap Gubernur DKI Anies Baswedan. Firli mengapresiasi sikap kooperatif Anies yang memenuhi undangan tim penyelidik untuk membuat terang peristiwa pidana terkait pelaksanaan ajang internasional balap mobil listrik Formula E.

Menurut Firli, pemeriksaan terhadap Anies serupa dengan yang dilakukan KPK terhadap 4.318 orang yang telah diperiksa KPK sepanjang 2022 ini. Dia meminta pemeriksaan tidak dikait-kaitkan dengan isu-isu politis.”Untuk diketahui saja, tahun 2022 mulai Januari kemarin KPK telah meminta keterangan setiap perkara kurang lebih 4.318 orang. Jadi sama statusnya. Enggak ada yang beda, enggak ada yang luar biasa,” kata Firli, di kompleks parlemen, Rabu (7/9/2022).

Dia menegaskan, undangan klarifikasi terhadap Anies dilaksanakan sesuai dengan ketentuan. Terkait kapasitasnya dan apa yang diketahui dari objek yang sedang diselidiki.

Baca juga
Peringati Hari Sepeda Dunia, Anies Beberkan Hasil Komitmen Jakarta Kurangi Emisi

“Sebagaimana ketentuan peraturan perundang-undangan bahwa keterangan seseorang itu didasarkan atas pengetahuannya baik itu yang diketahui, yang didengar, dilihat, ataupun dialami. Maka kepentingannya adalah dalam rangka membuat terangnya suatu peristiwa, saya kira itu,” tuturnya.

Ditegaskan pula pemeriksaan yang dilakukan belum mengarah pada adanya dugaan korupsi. Sebaliknya, tim penyelidik membutuhkan keterangan Anies dalam rangka pengumpulan bukti dan keterangan terkait Formula E.

“Kita kan ingin membuat terangnya suatu peristiwa, apakah peristiwa itu pidana atau bukan itulah dibutuhkan keterangan seseorang. Karena pengalamannya, karena pengetahuannya atau karena yang dilihatnya, atau yang dialami oleh dia atau yang dialami oleh dia, saya kira itu,” jelas Firli.

Baca juga
KPK Jamin Pengusutan Kasus Formula E Bebas Kepentingan

Pada kesempatan tersebut, Firli turut menepis isu politisasi dengan menjadikan KPK alat untuk menggembosi Anies terkait potensi Gubernur DKI maju pada Pilpres 2024 itu. “Jadi pemeriksaan Pak gubernur DKI sekarang sama dengan pemeriksaan terhadap orang-orang lain, sama, enggak ada yang lebih, enggak ada yang istimewa, dan itu bukan partai politik,” sambung Firli.

 

Tinggalkan Komentar