Senin, 23 Mei 2022
22 Syawal 1443

Fosil Dinosaurus Berlengan Ditemukan di Argentina

Fosil Dinosaurus
(ist)

Sejumlah ilmuwan berhasil mengangkat fosil dinosaurus yang memiliki lengan kecil di Argentina, yang diperkirakan hidup 70 juta tahun lalu.

Bernama Guemesia ochoai, dinosaurus ini berasal dari Zaman Kapur. Fosil ini ditemukan di provinsi Salta, Argentina, demikian lansir Reuters, Minggu (27/2/2022).

Ilmuwan menduga Guemesia ochoai merupakan karnivora dari grup abelisaurus, yang berjalan dengan dua kaki dan memiliki tangan kecil. Posturnya lebih kecil dibandingkan Tyrannosaurus-rex di Amerika Utara.

Ukuran tangan kecil ini mengharuskan dinosaurus mengandalkan kepala dan rahang.

“Ini sangat unik dan sangat berbeda dengan dinosaurus karnivora lainnya. Kami paham bahwa kami sedang berhadapan dengan spesies yang benar-benar baru,” kata Federico Agnolin, peneliti dewan sains Argentina CONICET.

Baca juga
FAST Rescue, Aplikasi Mobile Pertama Penanganan Stroke di Indonesia

Dinosaurus Argentina

Dinosaurus ini diperkirakan berusia muda. Ilmuwan meyakini abelisaurus menjelajah wilayah yang kini menjadi Afrika, Amerika Selatan dan India. Beberapa spesies abelisaurus digali di Argentina, kebanyakan berada di Patagonia selatan.

Guemesia ochoai, menurut Agnolin, memiliki penciuman yang tajam dan rabun jauh.

“Beberapa ilmuwan berpikir hewan ini memburu mangsa dengan menyerang menggunakan kepala,” kata Agnolin.

Nama Guemesia ochoai diambil dari pahlawan Argentina, Martin Miguel de Guemes, dan pekerja museum yang menemukan fosil ini, Javier Ochoa.

Tinggalkan Komentar