Kamis, 11 Agustus 2022
13 Muharram 1444

Foto: KPU-Kemendagri Jalin Kerja Sama Buka Akses NIK untuk Pemilu 2024

Rabu, 29 Jun 2022 - 21:46 WIB
Penulis : Agus Priatna
Editor : Fadly Zikry
KPU-Kemendagri Jalin Kerja Sama Buka Akses NIK untuk Pemilu 2024.
KPU-Kemendagri Jalin Kerja Sama Buka Akses NIK untuk Pemilu 2024.

Ketua KPU Hasyim Asyari, bersama Sekjen KPU Bernad Dermawan Sutrisno dan Dirjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh usai penandatanganan perjanjian kerja sama antara Sekretariat Jenderal KPU dengan Direktorat Jenderal Dukcapil Kemendagri di Gedung KPU, Jakarta, Rabu (29/6/2022). Penandatanganan perjanjian kerja sama tersebut terkait pemanfaatan Nomor Induk Kependudukan (NIK), data kependudukan, dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik dalam pemutakhiran data pemilih.

A2 - inilah.com
KPU dapat melakukan pemadanan data. Hal ini tentu perlu dilakukan dalam rangka pemutakhiran data pemilih dan penyusunan daftar pemilih untuk Pemilu 2024.
A3 - inilah.com
Hak akses itu diberikan kepada rekan-rekan KPU pusat, disebut diberikan super user, dan nanti kepada 34 KPU provinsi, 514 KPU kabupaten/kota, semuanya bisa melihat ke warehouse database Dukcapil.
A1 - inilah.com
Ketua KPU Hasyim Asy’ari menambahkan, selain untuk pemutakhiran data pemilih dan penyusunan daftar pemilih, data kependudukan juga penting untuk kegiatan proses pendaftaran partai politik menjadi peserta Pemilu 2024, penyusunan dan penataan daerah pemilihan (dapil), serta syarat penyerahan dukungan bagi bakal calon perseorangan anggota DPD.

Tinggalkan Komentar