Selasa, 29 November 2022
05 Jumadil Awwal 1444

FOTO: Kunjungi Kota Kudus, Mendag Zulhas Tinjau Pabrik Rokok

Rabu, 28 Sep 2022 - 20:02 WIB
zulhas rokok
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (kedua dari kiri) menyaksikan proses produksi rokok Sigaret Kretek Tangan (SKT) di salah satu pabrik rokok di Kudus, Jawa Tengah, Rabu (28/9/2022). (foto: Humas Kemendag)

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menegaskan bahwa pemerintah akan terus melindungi kesejahteraan petani tembakau dan cengkeh di dalam negeri. Salah satu caranya adalah dengan memastikan kelancaran pasokan bahan baku untuk industri rokok agar tetap berkembang dan maju dengan mempertemukan petani dengan industri.

“Agar petani tidak dirugikan, saya mempertemukan petani dengan industri untuk memotong rantai pasok dan melindungi petani tembakau. Dengan demikian, petani dapat harga yang bagus, petaninya makmur, serta pabrik rokoknya maju, sehingga sama-sama untung,” kata Zulhas, sapaan akrab Mendag.

Ia pun menyampaikan, pemerintah akan terus mendukung industri dalam negeri, seperti industri rokok. Industri rokok merupakan industri padat karya dan menyerap hasil petani cengkeh dan tembakau.

Baca juga
Foto: Zulkifli Hasan Nobar Film Cinta Subuh

“Saya mendatangi industri-industri kita karena industri ini harus didukung dan perkuat. Kalau industri kuat, maka akan tumbuh dan maju sehingga dapat menyerap tenaga kerja,” katanya.

Menurut Zulhas, Kementerian Perdagangan akan melakukan koordinasi dengan instansi terkait agar pasokan tembakau dan cengkeh dapat memenuhi kebutuhan industri rokok dengan mengutamakan hasil petani dalam negeri.

Kementerian Perdagangan juga akan berkoordinasi dengan pelaku industri tembakau agar industri tembakau melakukan program kemitraan dengan petani. Salah satunya, dengan pembinaan produksi tembakau petani agar sesuai standar industri sehingga berdampak pada kepastian pasar, harga jual, dan memperpendek mata rantai perdagangan tembakau.

Baca juga
Kedelai Impor Makin Mahal, Subsidi untuk Produsen Tahu Masih Seribu

Selain itu, Kementerian perdagangan akan melakukan pemantauan terhadap permasalahan tembakau petani yang susut saat dilakukan penimbangan dan menindak oknum yang melakukan penyelewengan dalam proses penimbangan tembakau.

zulhas rokok

zulhas rokok

zulhas rokok

zulhas rokok

Tinggalkan Komentar