Kamis, 11 Agustus 2022
13 Muharram 1444

Foto: Nelayan Kumpulkan Sampah Plastik di Pantai Anyer

Kamis, 30 Jun 2022 - 21:37 WIB
Nelayan, Didik Setiawan, Chandra Asri, Banten,
Nelayan mengumpulkan sampah plastik di Pantai Anyer, Cilegon, Banten, Kamis (30/6/2022). Foto: Inilah.com/Didik Setiawan.

Nelayan mengumpulkan sampah plastik di Pantai Anyer, Cilegon, Banten, Kamis (30/6/2022).

PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (Chandra Asri) menyerukan pentingnya memilah dan mengelola sampah plastik untuk mengurangi timbunan sampah di TPA dan mencegah sampah plastik bocor ke laut melalui program ekonomi sirkular, salah satunya pengelolaan sampah terintegrasi berbasis masyarakat dalam Program SAGARA.

Program SAGARA yang juga berarti laut dalam Bahasa Sansekerta, adalah sebuah program yang diinisiasi oleh Chandra Asri untuk mengedukasi dan mendorong kebiasaan memilah sampah dari sumbernya.

Chandra Asri melibatkan masyarakat serta nelayan di sekitar pantai Anyer untuk memilah sampah rumah tangga dan juga mengangkut sampah plastik yang mereka temukan saat melaut.

Baca juga
Foto: Indonesia Open 2022, Fajar/Rian Lolos ke Babak 16 Besar

Sampah yang terkumpul dikonversikan menjadi tabungan untuk kebutuhan masyarakat sehari-hari melalui kerja sama Chandra Asri dengan Bank Sampah Digital, sebuah Social Enterprise Pengelola Sampah Kering.

Sedangkan sampah plastik lainnya yang tergolong low-value dikirim ke IPST ASARI untuk dipilah kembali sesuai jenisnya, kemudian dicacah dan diolah dengan mesin pirolisis menjadi bahan bakar jenis bensin plas, minyak tanah plas dan solar plas.

Lewat program ini sampah bernilai ekonomi rendah seperti sampah kantong kresek yang tidak diminati pengepul karena berat jenisnya yang ringan pun tetap dapat bermanfaat dan memberikan nilai tambah.

Sampah, Didik Setiawan, Chandra Asri, - inilah.com
Nelayan mengumpulkan sampah plastik di Pantai Anyer.

Sampah, Didik Setiawan, Chandra Asri, - inilah.com

Sampah Chandra Asri

Sampah, Didik Setiawan, Chandra Asri, - inilah.com

Sampah, Didik Setiawan, Chandra Asri, - inilah.com

Sampah, Didik Setiawan, Chandra Asri, - inilah.com

Tinggalkan Komentar