Sabtu, 28 Mei 2022
27 Syawal 1443

Foto: Petani Manfaatkan Budidaya Sayuran Sistem Hidroponik di Jakarta

Budidaya Hidroponik - inilah.com
Warga saat menanam tanaman sayuran dengan sistem hidroponik di greenhouse (rumah kaca) Menara Samawa Pondok Kelapa, Jakarta Timur, Senin (1/3/2022). Foto; Inilah.com/Didik Setiawan.

Warga menanam tanaman sayuran dengan sistem hidroponik di greenhouse (rumah kaca) Menara Samawa Pondok Kelapa, Jakarta Timur, Senin (1/3/2022).

Budidaya Hidroponik,- inilah.com
Petani menunjukkan Bibit Sayuran dengan Budidaya sistem Hidroponik.

Sayuran yang ditanam diantaranya kangkung, pakcoy, sawi dan salada. Sayuran tersebut terbilang sayuran organik. Petani menjual hasil penen kepada warga sekitar rusun dengan harga lima ribu hingga sepulu ribu rupiah per ikat sayuran.

Budidaya Hidroponik,- inilah.com
Warga saat melakukan penanaman bibit saat Budidaya sayuran dengan sistem Hidroponik.

Sistem hidroponik merupakan metode dalam budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan media tanah dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan hara nutrisi bagi tanaman. Sehingga cocok bagi petani yang tidak memiliki lahan yang luas.

Budidaya Hidroponik, - inilah.com
Suasana kebun hidroponik.

Kebutuhan air pada sistem hidroponik lebih sedikit daripada kebutuhan air pada budidaya dengan tanah. Sehingga sistem hidroponik cocok diterapkan bagi petani di Kota Jakarta.

Baca juga
Airlangga: Kampus Jadi Cikal Bakal Startup Sukses
Budidaya Hidroponik - inilah.com
Media tanam sistem Hidroponik.

Petani menanam menggunakan sistem wick atau sumbu. Sitem wick ini merupakan yang paling sederhana dari sistem hidroponik. Karena sumbu akan menyerap air untuk menutrisi tanaman. Terlihat berbagai potonhgan paralon yang sudah diberi tanah dan aliran air.

Tinggalkan Komentar