Rabu, 17 Agustus 2022
19 Muharram 1444

Foto Sejarah Taiwan Dipamerkan di Bandung

Senin, 26 Mar 2012 - 21:58 WIB
Penulis : inilah
Puluhan foto tentang Taiwan yang dipamerkan di Jakarta beberapa waktu lalu, akan digelar di Gedung Indonesia Menggugat, Bandung, mulai 29 Maret.

INILAH.COM, Bandung - Puluhan foto tentang Taiwan yang dipamerkan di Jakarta, beberapa waktu lalu, akan digelar di Gedung Indonesia Menggugat, Bandung, mulai 29 Maret.

Keterangan tertulis dari perwakilan Taiwan di Jakarta, yang diterima di Bandung, Senin, menyebutkan, pemilihan Gedung Indonesia Menggugat sebagai tempat pameran merupakan upaya untuk memadukan kembali semangat perjuangan Bung Karno dengan perjuangan pemuda China yang pada 1912 meruntuhkan kekuasaan Dinasti Qing.

"Kami tahu bahwa gedung itu menjadi saksi semangat perjuangan Bapak Bangsa Indonesia, Bung Karno," kata kurator pameran Tommy Lee, yang juga merupakan Kepada Divisi Informasi Perwakilan Ekonomi dan Perdagangan Taiwan di Indonesia.

Gedung Indonesia Menggugat merupakan tempat diadilinya Soekarno oleh pengadilan kolonial Belanda pada 1930.

Menurut Tommy Lee, digelarnya pameran pada 29 Maret itu juga sekaligus untuk mengenang perjuangan pemuda China di saat revolusi. Tanggal 29 Maret merupakan Hari Pemuda yang diperingati setiap tahun di Taiwan.

Menurut siaran itu, tanggal tersebut merupakan saat ditulisnya surat perpisahan tokoh revolusi Lin Jue-ming kepada istrinya, sebelum dia ikut berjuang dalam Revolusi Guangzhou (1911) dan menjadi penyemangat bagi pemuda hingga berhasilnya revolusi pada 1912.

Foto yang akan dipamerkan tersebut terdiri atas foto perjuangan rakyat Taiwan, mulai masa awal hingga perjuangan membangun ekonomi dan demokrasi. Sejumlah foto memperlihatkan perjuangan Taiwan mengembangkan pendidikan, teknologi dan industri.[ito]