Minggu, 14 Agustus 2022
16 Muharram 1444

Foto: Vaksin Booster Gratis untuk Lansia di Puskesmas Cengkareng

Kamis, 13 Jan 2022 - 12:44 WIB
Vaksin Booster, Lansia, Puskesmas Cengkareng, Didik Setiawan - inilah.com
Warga berusia 60 tahun keatas atau lanjut usia (Lansia) menjalani suntik vaksin booster dosis ke 3 dengan jenis vaksin Pfizer di Puskesmas Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat, Kamis (13/1/2022). Foto: Inilah.com/Didik Setiawan.

Warga berusia 60 tahun keatas atau lanjut usia (Lansia) menjalani suntik vaksin booster dosis ke 3 dengan jenis vaksin Pfizer di Puskesmas Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat, Kamis (13/1/2022). Vaksin booster Covid-19 jenis Pfizer ini diberikan gratis kepada warga lansia yang berusia diatas 60 tahun ke atas yang telah mendapatkan vaksin dosis kedua dengan jangka waktu lebih dari enam bulan.

Lansia - inilah.com
Foto: Inilah.com/Didik Setiawan.

Puskesmas Cengkareng mulai melakukan Vaksinasi covid-19 booster secara gratis untuk lansia (lanjut usia) di atas 60 tahun yang sudah menjalani Vaksin dosis kedua minimal 6 bulan.

Lansia 13 - inilah.com
Foto: Inilah.com/Didik Setiawan.

Vaksin booster Covid-19 dengan jenis Vaksin merek Pfizer ini diberikan setengah dosis dengan tetap melalui pemeriksaan oleh tim medis.

Lansia 12 - inilah.com
Foto: Inilah.com/Didik Setiawan.

Warga lansia yang sudah menjalani vaksin dosis pertama dan kedua diperbolehkan untuk mengikuti program vaksinasi booster Covid-19 secara gratis.

Lansia 10 - inilah.com
Foto: Inilah.com/Didik Setiawan.

Vaksin Booster di berikan dengan syarat usia diatas 60 tahun, sudah menjalani vaksin dosis kedua, dan layak mengikuti vaksin usai pemeriksaan kesehatan oleh tim medis.

Baca juga
Kenaikan UMP Buruh di Jakarta Hanya Rp38 Ribu
Lansia 8 - inilah.com
Foto: Inilah.com/Didik Setiawan.

Terdapat 58 orang warga lansia yang sudah menjalani vaksin booster Covid-19 jenis Pfizer pada Rabu (12/1/2022) kemarin.

Lansia 9 - inilah.com
Foto: Inilah.com/Didik Setiawan.

Sedangkan pada hari ini terdapat 58 orang warga lansia menjalani penyuntikan vaksin booster Covid-19 dengan jenis vaksin Pfizer.

Lansia 7 - inilah.com
Foto: Inilah.com/Didik Setiawan.

Manfaat Vaksin Booster Covid-19

Manfaat vaksin booster tidak hanya baik untuk kesehatan, namun secara tidak langsung akan berpengaruh juga terhadap efektivitas vaksin dosis pertama maupun dosis kedua.

Lansia 5 - inilah.com
Foto: Inilah.com/Didik Setiawan.

Menurut Vaksinolog dr. Sukamto Koesno ada masa dimana kekebalan yang dirangsang oleh vaksin pada waktu tertentu akan turun. Oleh karena itu perlu diberikan booster dengan harapan antibodi yang telah menurun bisa meningkat kembali.

Baca juga
Foto: Kasus Hepatitis Akut Misterius Anak Capai 15 Kasus
Lansia 6 - inilah.com
Foto: Inilah.com/Didik Setiawan.

Untuk manfaat vaksinasi booster Covid -19 meningkatkan kembali efektivitas vaksin. Hal ini karena adanya kecenderungan penurunan jumlah antibodi sejak 6 bulan pasca vaksinasi, terutama di tengah kemunculan varian-varian covid-19 baru termasuk varian Omicron.

Lansia 4 - inilah.com
Foto: Inilah.com/Didik Setiawan.

Serta sebagai bentuk usaha adaptasi masyarakat hidup di masa pandemi COVID-19 demi kesehatan jangka panjang. Dan ketiga, memenuhi hak setiap orang Indonesia untuk mengakses vaksin demi perlindungan diri dan komunitas.

Lansia 2 - inilah.com
Foto: Inilah.com/Didik Setiawan.

Puskesmas Kecamatan Cengkareng melayani penyuntikan Vaksin Booster bagi lansia mulai Pukul 08.00 Wib hingga 12.00 Wib setiap hari kerja. Dengan pendaftaran di lokasi maupun aplikasi Jaki.

Lansia 3 - inilah.com
Foto: Inilah.com/Didik Setiawan.

Vaksinasi booster Covid-19 akan diberikan kepada kabupaten/kota yang capaian vaksinasinya telah memenuhi kriteria 70 persen dosis pertama dan 60 persen dosis kedua.

Baca juga
Bank DKI Buka Lagi Sentra Vaksin Booster, Warga Bisa Daftar via JAKI
Lansia 11 - inilah.com
Foto: Inilah.com/Didik Setiawan.

Puskesmas Kecamatan Cengkareng juga masih melayani vaksin pada pukul 08.00-09.00 WIB. Untuk vaksinasi dosis pertama Sinovac dengan kuota 56. sesi kedua pukul 09.00-10.00 WIB. Vaksinasi dosis pertama Sinovac kuota 57.

Tinggalkan Komentar