Senin, 23 Mei 2022
22 Syawal 1443

Fraksi PAN Apresiasi Kebijakan Mudik, Tapi Syarat Booster jadi Sorotan

Ketua Fraksi Pan Dpr Saleh Partaonan Daulay - inilah.com
Ketua Fraksi Pan Dpr Saleh Partaonan Daulay

Anggota Komisi IX DPR RI Saleh Partaonan Daulay mengapresiasi langkah pemerintah yang memperbolehkan mudik lebaran tahun ini.

“Kebijakan ini diharapkan dapat mengobati kerinduan masyarakat untuk pulang kampung. Terutama, warga masyarakat yang selama dua tahun terakhir ini tidak berkesempatan mudik,” kata Saleh kepada wartawan, Kamis (24/3/2022).

Namun demikian, kebijakan ini perlu dibarengi dengan aspek kearifan. Khususnya, berkenaan dengan persyaratan vaksin booster yang diwajibkan. Ini akan menjadi persoalan sebab ada banyak anggota masyarakat yang belum mendapat giliran untuk di-booster.

“Vaksin booster memang sudah jalan. Tetapi, tidak semua bisa dilaksanakan secara bersamaan. Ada jadwal dan target yang sudah diprogramkan. Dipastikan, tidak semua orang yang hendak mudik sudah dibooster,” ujar Ketua Fraksi PAN DPR RI ini.

Baca juga
Bea Cukai Dukung Penuh Merdeka Ekspor Serentak di 17 Pelabuhan

Saleh menilai, minimnya partisipasi masyarakat untuk vaksin booster lantaran kurangnya vaksinator di daerah dan waktu yang memadai untuk masyarakat yang ingin divaksin booster.

“Bukan karena tidak mau divaksin. Ini lebih pada persoalan waktu dan kapasitas vaksinator kita di berbagai daerah. Terutama di kota-kota besar yang penduduknya banyak yang akan mudik. Kalau pun mereka bekerja keras, rasa-rasanya pasti akan ada keterbatasan,” katanya.

Dia beharap ada kelonggaran bagi masyarakat yang belum mendapat vaksin booster, terutama setelah pelonggaran aturan PPKM.

“Kalau mau memberikan kemudahan, tentu akan sangat membantu. Masyarakat diyakini akan sangat senang. Meskipun pada saat yang sama, kita akan tetap mendorong percepatan program vaksinasi booster,” pungkas Saleh.

Tinggalkan Komentar