Minggu, 22 Mei 2022
21 Syawal 1443

Gagal Bayar Eurobonds, S&P Turunkan Rating Rusia Jadi CC

Gagal Bayar Eurobonds, S&P Turunkan Rating Rusia Jadi CC

Lembaga pemeringkat S&P menurunkan rating Rusia dari CCC- menjadi CC. Lantaran Rusia kesulitan memenuhi pembayaran Eurobonds berdenominasi dolar AS pada 2023 dan 2043.

Kesulitan pembayaran Rusia menjadi bagian dari sanksi internasional atas invasi Rusia ke Ukraina, kata lembaga pemeringkat. Sanksi tersebut telah mengurangi cadangan devisa negara yang tersedia dan membatasi aksesnya ke sistem keuangan global.

“Meskipun pernyataan publik oleh Kementerian Keuangan Rusia menunjukkan kepada kami bahwa pemerintah saat ini masih berusaha untuk mentransfer pembayaran kepada pemegang obligasi, kami berpikir bahwa pembayaran utang Eurobond Rusia yang jatuh tempo dalam beberapa minggu ke depan mungkin menghadapi kesulitan teknis yang sama,” kata agensi.

Baca juga
Siap-siap Jadi Raja Migas Indonesia, MedcoEnergi Caplok ConocoPhillips

Lembaga serupa Fitch dan Moody’s juga menyebutkan kekhawatiran tentang kemampuan Rusia untuk memenuhi kewajiban utangnya ketika memotong peringkat negara itu beberapa tingkat pada awal Maret.

Fitch mengatakan, Selasa (15/3/2022) peringkat Rusia akan diturunkan lebih lanjut menjadi “default terbatas” jika pembayaran kupon tidak dilakukan dalam dolar AS, sesuai dengan persyaratan asli, pada akhir masa tenggang 30 hari.

Obligasi Rusia melayang pada tingkat yang sangat tertekan dalam perdagangan yang sangat tidak likuid, dengan sebagian besar penerbitan diperdagangkan kurang dari beberapa kali sehari, menurut data Refinitiv.

Menambah masalah utang Moskow, pengecualian yang saat ini memungkinkan warga atau penduduk AS untuk menerima pembayaran utang dan ekuitas Rusia akan habis pada 25 Mei 2022. Setelah tenggat waktu pembebasan sanksi dan hingga akhir tahun, Rusia akan membayar hampir 2 miliar dolar AS lebih banyak untuk obligasi negara eksternalnya.

Baca juga
Di Tengah Perang Rusia-Ukraina, Investor Dapat Berburu Saham-saham Komoditas

Beberapa kreditur telah menerima pembayaran, dalam dolar AS, kupon obligasi Rusia yang jatuh tempo minggu ini, dua sumber pasar mengatakan kepada Reuters, Kamis (17/3/2022). Beberapa kreditur lain mengatakan mereka belum menerima dana mereka tetapi optimis akan dilunasi.

Tinggalkan Komentar