Rabu, 29 Juni 2022
29 1444

Gagas e-Lawyer, Presiden KAI Dapat Gelar Bapak Advokat Modern

Senin, 30 Mei 2022 - 22:25 WIB
Advokat - inilah.com
Rakernas KAI 2022

Seluruh advokat Peserta Rakernas Kongres Advokat Indonesia (Rakernas KAI) 2022 sepakat memberi penghargaan kepada Adv. Tjoetjoe Sandjaja Hernanto sebagai Bapak Advokat Modern. Penghargaan tersebut karena peran besar advokat senior ini dalam percepatan kemajuan organisasi advokat dari sektor teknologi digital, seperti e-Lawyer.

Keputusan ini juga tertuang dalam hasil rekomendasi eksternal Rakernas KAI. “Pak Tjoetjoe ini menggagas e-Lawyer yang sangat mempermudah jalannya roda organisasi advokat, dulu semuanya ribet dan serba manual, sekarang semua bisa didigitalisasi dan ringkas,” kata salah satu peserta rakernas Adv. Ibrahim Massidenreng, Senin (3o/5/2022).

Ibrahim menambahkan, dengan adanya e-Lawyer, masyarat umum pengguna jasa profesi pengacara bisa melakukan validasi guna memastikan seorang advokat itu anggota Kongres Advokat Indonesia. “Sistem ini sangat membantu kita untuk menvalidasi seorang advokat, dan di dalam aplikasinya juga banyak manfaat lain yang berfungsi memudahkan kerja para advokat,” tambah Ibrahim.

Baca juga
KAI Ingatkan Masyarakat tak Beraktivitas di sekitar Rel Kereta Api

Gio, anggota KAI lainnya mengemukakan, Tjoetjoe berhasil membawa perubahan besar di dunia advokat. Saat ini banyak organisasi lain yang mulai ikut membuat sistem serupa. “Presiden KAI itu pionir dari semua organisasi advokat melakukan digitalisasi,” tutur Gio.

Tjoetjoe menjelaskan bahwa semua sistem digital yang ia konsepkan dan terapkan dari awal menjabat sebagai Presiden Kongres Advokat Indonesia bertujuan agar advokat tidak tergilas oleh kemajuan zaman. Ia berpendapat, semua jenis profesi saat ini mau tidak mau harus mengikuti perkembangan teknologi, termasuk advokat dan organisasinya. “Alhamdulillah saat ini teman-teman dari organisasi lain juga mulai mendigitalisasi sistem organisasinya,” jelas Tjoetjoe di sela-sela acara Rakernas.

Baca juga
Foto: Kampanye Cegah dan Lapor Tindak Pelecehan Seksual di Kereta Api

Ia juga menjelaskan e-Lawyer yang digagasnya juga berfungsi mempermudah, mempercepat, hingga meminimalisir kesalahan dan menutup kemungkinan terjadinya pungli atau biaya-biaya yang tidak perlu bagi para advokat.

“Diselenggarakannya rakernas KAI secara megah di Bali merupakan bagian dari peran para advokat dalam menghidupkan kembali pariwisata Pulau Dewata setelah selama dua tahun dipukul pandemi” kata Ketua Panitia Adv. Heru Notonegoro dihadapan Gubernur Bali I Wayan Koster yang turut hadir.

“Kongres Advokat Indonesia keren,” kata Koster saat turut memberikan sambutan dan membuka acara.

Tinggalkan Komentar